Pemetaan komprehensif perlu dibuat agar kesejahteraan guru Indonesia naik

id kesejahteraan guru,hardiknas,hari pendidikan nasional,uin jakarta

Pemetaan komprehensif perlu dibuat agar kesejahteraan guru Indonesia naik

Arsip foto - Sejumlah siswa bersalaman dengan guru saat hari pertama masuk sekolah di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Harapan Bangsa Desa Kuta Padang, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Selasa (16/4/2024). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/wpa

Jakarta (ANTARA) - Guru Besar bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Prof Siti Nurul Azkiyah mengatakan pemetaan guru secara komprehensif perlu dibuat demi meningkatkan kesejahteraan guru.

"Perlu ada pemetaan guru PNS yang pensiun secara komprehensif dan menjadi basis untuk pengangkatan PNS baru atau guru dengan status PPPK," katanya dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Jumat.

Ia menilai langkah pemerintah membuka kesempatan untuk guru-guru honorer menjadi guru dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sudah terbuka melalui status transparan, namun, pengawasan berbagai pihak juga perlu ditekankan agar apa yang sudah dicanangkan oleh pemerintah betul-betul bisa berjalan dengan baik dan berkeadilan.

Sertifikasi, kata dia, juga menjadi satu mekanisme yang diyakini bisa meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru, namun, prosesnya juga tidak berjalan secara mudah, salah satunya seperti antrean yang panjang.



"Apalagi untuk guru-guru di bawah Kementerian Agama, mengingat Tunjangan Profesi Guru (TPG) di bawah Kementerian Agama harus disiapkan oleh pemerintah pusat. Berbeda dengan guru-guru di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang TPG-nya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah," ujarnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pakar: Pemetaan komprehensif perlu dibuat agar kesejahteraan guru naik
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024