Banjir dan longsor, 12 desa di Latimojong Luwu, Sulsel, terisolasi

id Banjir dan Tanah Longsor, Luwu, Sulawesi Selatan, BNPB, teropong bencana

Banjir dan longsor, 12 desa di Latimojong  Luwu, Sulsel,  terisolasi

Foto Udara kondisi Desa Kaili pascabanjir bandang di Kecamatan Suli Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Minggu (5/5/2024). Banjir bandang akibat luapan Sungai Suli yang terjadi pada Jumat (3/5) menyebabkan 42 unit rumah hanyut dan 50 unit rumah rusak berat di tiga desa di Kecamatan Suli Barat. ANTARA FOTO/Hasrul Said/tom

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 12 desa di Kecamatan Latimojong, Luwu, Sulawesi Selatan masih terisolasi setelah dilanda bencana banjir disertai tanah longsor.

"Bahkan keadaan di Latimojong hingga sore tadi bertambah parah akibat masih diguyur hujan deras," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (5/5).

Menurut dia, hujan deras tersebut telah menimbulkan titik longsoran baru, yakni jalan menuju Latimojong ambles sepanjang 100 meter dan memutuskan beberapa jembatan penghubung antar desa.

Pihaknya belum dapat melaporkan berapa total jumlah warga di Latimojong yang terdampak akibat kondisi tersebut.



Sementara informasi yang dihimpun tim Pusdalops BNPB ada sebanyak delapan orang warga Latimojong meninggal dunia akibat banjir disertai tanah longsor ini.

Terlepas dari situ, ia memastikan, keselamatan warga setempat tetap menjadi prioritas, saat akses jalan terputus maka penyaluran bantuan logistik berupa makanan dan kebutuhan pokok lainnya dilakukan dengan bantuan helikopter milik TNI Angkatan Udara dan Polda Sulawesi Selatan sebagaimana yang telah berlangsung sejak Sabtu (4/5).

Kabupaten Luwu menjadi daerah yang mengalami dampak bencana banjir disertai tanah longsor yang paling parah di Sulawesi Selatan berdasarkan laporan tim Pusdalops BNPB.

Banjir disertai tanah longsor terjadi pada Jumat (3/4) dini hari sekitar 01.17 WITA setelah kabupaten itu diguyur hujan intensitas deras dengan durasi panjang sejak Kamis (2/5).


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 12 desa di Latimojong Luwu terisolasi dampak banjir dan longsor
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024