Pembelajaran sastra di Indonesia berguna untuk semua mata pelajaran

id sastra,sastra masuk kurikulum,Okky Madasari,Sastrawan,puisi wiji thukul,pramoedya ananta toer,bumi manusia,okky madasari

Pembelajaran sastra di Indonesia berguna untuk semua mata pelajaran

Sastrawan yang juga Tim Kurator Sastra Masuk Kurikulum Okky Madasari. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi Okky Madasari)

Jakarta (ANTARA) - Sastrawan yang juga Tim Kurator Sastra Masuk Kurikulum Okky Madasari mengatakan bahwa pembelajaran dari sastra berguna untuk semua mata pelajaran.

"Pemanfaatan buku sastra tidak hanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, tetapi juga Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Sejarah, hingga Biologi," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Ia mencontohkan salah satu bukunya yang masuk rekomendasi sastra dalam kurikulum yakni novel anak-anak berjudul "Mata dan Rahasia Pulau Gapi", yang sudah disusun dalam modul oleh seorang guru SD Banyuripan, Bantul, DI Yogyakarta, dan digunakan dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), nahkan untuk mengajarkan Garis Wallace (garis hipotetis yang memisahkan wilayah geografi fauna Asia dengan Australia).

"Jadi memang Sastra Masuk Kurikulum tidak hanya untuk pelajaran Bahasa Indonesia," ujarnya. 



Ia berharap hadirnya Sastra Masuk Kurikulum dapat menghasilkan generasi masa depan yang lebih kreatif, inovatif, memahami gambaran besar dari sebuah persoalan, dan memiliki daya saing global.

Ketika dikonfirmasi soal karya-karya sastra yang masuk dalam kurikulum tetapi masih kontroversial, misalnya karya dari Pramoedya Ananta Toer, Okky menegaskan bahwa karya-karya tersebut dipilih agar para siswa bisa lebih memahami sejarah kebangsaan.

"Pemilihan Bumi Manusia (salah satu karya Pramoedya) jelas berdasar pada kriteria tujuan pembelajaran, antara lain untuk memahami sejarah kebangsaan. Selain itu, tentu ada pertimbangan bahwa karya Pramoedya memang sudah seharusnya diperkenalkan di bangku sekolah," ucapnya.

Menurutnya, memperkenalkan karya sastra juga berarti memperkenalkan sejarah pergulatan intelektualisme dan capaian-capaian penting kreativitas Indonesia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sastrawan paparkan manfaat karya sastra untuk semua mata pelajaran
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024