Terima honor Rp31 juta saat jadi Stafsus Mentan SYL, aku Wabendum NasDem

id SYL, Syahrul Yasin Limpo, Partai NasDem, Joice Triatman, Kementan

Terima honor Rp31 juta saat jadi Stafsus Mentan SYL, aku Wabendum NasDem

Menteri Pertanian (Mentan) periode 2019-2023, Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat menghadiri sidang pemeriksaan saksi kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi lingkungan Kementan sebagai terdakwa di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (27/5/2024). (ANTARA/Agatha Olivia Victoria)

Jakarta (ANTARA) -
Wakil Bendahara Umum Partai NasDem Joice Triatman mengaku menerima honor sebesar Rp31 juta per bulan saat menjadi Staf Khusus Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Joice mengungkapkan honor yang diterima itu meliputi honor sebesar Rp27 juta yang masuk ke rekening pribadinya di Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan tunjangan sebesar Rp4 juta ke rekening Bank Mandiri miliknya.

"Saya kurang paham itu gaji atau honor, tetapi saya ada menerima," ujar Joice saat menjadi saksi pada sidang pemeriksaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin.

Berdasarkan surat keputusan yang diterbitkan saat dirinya menjadi Stafsus SYL, Joice mengungkapkan terdapat tiga tugas pokok dan fungsi Stafsus Mentan, yakni memberikan saran dan masukan kepada Mentan, meningkatkan komunikasi antarlembaga dan tata hubungan kerja, serta melakukan koordinasi antarlembaga sesuai jabatan yang diemban sebagai Stafsus Mentan Bidang Kelembagaan dan Tata Hubungan Kerja.



Selain tupoksi sebagai stafsus menteri, tambah Joice, dalam SK tersebut juga disebutkan bahwa dirinya akan mendapatkan honor meski tidak dituliskan besarannya. Namun, dalam SK itu tidak tertulis lama jam kerja seorang Stafsus Mentan.

"Tidak ada jam kerja, di SK itu saya diminta langsung melapor kepada Pak Menteri. Tetapi saya setiap hari datang ke kantor dan mengikuti rapat-rapat," jelasnya.

Joice bercerita pada awalnya orang yang menawari pekerjaan Stafsus Mentan kepada dirinya adalah anak SYL, Indira Chunda Thita, yang kala itu merupakan sesama kader Partai NasDem.

Setelah tertarik dengan tawaran tersebut, Joice menyerahkan daftar riwayat hidup (curriculum vitae) kepada anak SYL dan diproses sekitar satu bulan lamanya.

"Barulah setelah itu saya dipanggil ke Kementerian Pertanian dan diwawancara oleh Sekretaris Jenderal Kementan periode 2019–2021 Momon Rusmono," ucap Joice menambahkan.


 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wabendum NasDem terima honor Rp31 juta saat jadi Stafsus Mentan SYL
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024