Disdik Sleman buka posko aduan pelaksanaan PPDB 2024/2025

id Dinas Pendidikan Sleman,Sleman,PPDB

Disdik Sleman buka posko aduan pelaksanaan PPDB 2024/2025

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ery Widaryana. ANTARA/Sutarmi

Sleman (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta membuka layanan posko aduan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru jenjang SD dan SMP Tahun 2024/2025 dari 12 Juni sampai 5 Juli 2024.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ery Widaryana di Sleman, Kamis, mengatakan aduan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dilayani di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman setiap Senin sampai Jumat dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

"Kami siap memberikan pelayanan informasi soal sekolah hingga anak pindah sekolah," kata Ery Widaryana.

Ia mengatakan PPDB SD dan SMP di Kabupaten Sleman tahun ini sama seperti tahun lalu. Untuk pelaksanaannya sendiri, PPDB SD melalui tiga jalur, sementara PPDB SMP melalui empat jalur.

“Yang sama untuk PPDB SD dan SMP yaitu jalur zonasi, afirmasi dan perpindahan tugas orang tua. Kemudian SMP ditambah jalur prestasi,” kata Ery.

Adapun kuota untuk masing-masing jalur yakni jalur afirmasi pada PPDB SD diperuntukkan bagi penduduk Sleman dari keluarga ekonomi tidak mampu dengan kuota 15 persen dan penyandang disabilitas 5 persen.

Selanjutnya, jalur afirmasi pada PPDB SMP total kuotanya 15 persen dengan rincian 12 persen untuk calon peserta didik dari pemilik KK miskin dan 3 persen untuk penyandang disabilitas.

Khusus untuk jalur afirmasi disabilitas, masyarakat harus punya surat keterangan uji psikologi dari puskesmas di Sleman.

“Afirmasi masih sama seperti tahun lalu, cuma sedikit evaluasi, yaitu anak yang dari KK miskin bisa daftar dan memilih tiga maksimal sekolah. Kalau tidak diterima di sekolah pertama maka bisa di sekolah kedua atau ketiga. Kemudian untuk disabilitas hanya memilih satu sekolah,” katanya.

Selanjutnya, kata Ery, jalur perpindahan tugas orang tua/wali PPDB SD dan SMP kuotanya sama yaitu 5 persen dari daya tampung sekolah. Jalur ini diperuntukkan bagi calon peserta didik yang mengikuti kepindahan tugas orang tua/wali berdasarkan surat keputusan/penugasan mutasi dari instansi pemerintah, TNI/Polri, BUMN/BUMD, serta lembaga, kantor atau perusahaan berbadan hukum. Perpindahan tugas orang tua/wali paling lama satu tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.

“Jalur ini menggunakan perpindahan tugas orang tua dari luar DIY ke Sleman atau dari luar Sleman ke Sleman. Surat keputusan mutasi paling lama diterbitkan tanggal 23 Juni 2023 (satu tahun sebelum tanggal pendaftaran). Ini seleksinya pakai nilai rapor yang dibawa anak-anak,” katanya.

Ketiga, jalur zonasi dilaksanakan dengan kuota paling sedikit 75 persen dari daya tampung sekolah untuk PPDB SD, dan 55 persen untuk PPDB SMP. Jalur ini terdiri atas zonasi radius dan zonasi wilayah. Jalur zonasi radius diperuntukkan bagi penduduk Kabupaten Sleman yang berdomisili dan bertempat tinggal dalam radius tertentu dari sekolah tujuan, dengan jangka waktu minimal satu tahun.

"Sementara jalur zonasi wilayah diperuntukkan bagi penduduk Kabupaten Sleman yang berdomisili minimal satu tahun di wilayah kalurahan tertentu dari sekolah tujuan," katanya.

Terakhir, jalur prestasi untuk PPDB SMP dilaksanakan dengan kuota 25 persen dari daya tampung sekolah. Adapun rinciannya ialah 20 persen untuk penduduk Sleman, dan 5 persen untuk penduduk luar Sleman. Jalur ini diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki nilai minimal 245 berdasarkan nilai gabungan (nilai ASDP ditambah nilai hasil belajar), dan jumlah rata-rata nilai tiga mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA) kelas IV (empat), V (lima), dan VI (enam).

Calon peserta didik dapat mengajukan penambahan nilai prestasi akademik/non akademik, serta mencantumkan sertifikat atau piagam asli yang diterbitkan paling lama 23 Juni 2021.

"Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman telah merilis petunjuk teknis PPDB SD dan SMP telah dirilis Dinas Pendidikan Sleman. Petunjuk teknis tersebut dapat disimak pada laman https://bit.ly/PPDBSleman2024," kata Ery.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024