Menparekraf: Promosikan pantun sebagai keunggulan dari Kepri dongkrak pariwisata

id Budaya pantun kepri

Menparekraf: Promosikan pantun sebagai keunggulan dari Kepri dongkrak pariwisata

Menparekraf RI Sandiaga Uno mengenakan tanjak (topi) khas Melayu berfoto bersama usai menghadiri peresmian Gedung LAM Kepri di Kota Tanjungpinang, Senin (5/8/2024). (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak semua pihak bersama-sama mempromosikan budaya pantun sebagai salah satu keunggulan dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Pantun merupakan bentuk puisi Indonesia (Melayu), di mana tiap-tiap bait biasanya terdiri atas empat baris yang bersajak (a-b-a-b).

"Lestarikan sekaligus promosikan pantun pada setiap kegiatan kemasyarakatan maupun pemerintahan, baik di Kepri maupun ketika berkunjung ke luar daerah, bahkan luar negeri," kata Menparekraf Sandiaga Uno usai menghadiri peresmian Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri di Kota Tanjungpinang, Senin.

Sandiaga menyebut pantun harus terus digunakan dalam keseharian masyarakat serta seluruh unsur pemerintah daerah di Kepri.

Apalagi generasi muda atau milenial, katanya, jangan sampai melupakan pantun sebagai ciri khas budaya Melayu Kepri, bahkan sudah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia takbenda (WBTB).

"Anak-anak zaman sekarang harus bangga berpantun, karena siapa lagi kalau bukan generasi muda yang melestarikan pantun di tanah Melayu Kepri," ujar Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga sendiri ikut memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan pantun sebagai kearifan lokal dengan gencar mempromosikan pantun di dalam maupun luar negeri.

Sebagai contoh, ketika dipercaya menjadi perwakilan Indonesia dalam acara Hari Kebangsaan Negara Swiss beberapa waktu lalu, Sandiaga menggunakan pantun dalam bahasa Inggris saat menyampaikan sambutan di depan seluruh komunitas Eropa dan internasional, dan mendapatkan sambutan tepuk tangan meriah dari semua yang hadir pada acara tersebut.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf ajak promosikan pantun sebagai keunggulan dari Kepri