Pemerintah mengevaluasi Program YESS dongkrak petani muda Indonesia

id Kementan,Pusdiktan,Petani muda,Program YESS,BPPSDMP,kementerian Pertanian

Pemerintah mengevaluasi Program YESS dongkrak petani muda Indonesia

Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian evaluasi Program YESS. ANTARA/HO-Humas Kementan

Jakarta (ANTARA) - Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian mengevaluasi Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS) guna meningkatkan petani muda.

"Untuk memaksimalkan program ini Pusdiktan menggelar kegiatan Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Program YESS yang telah berjalan lima tahun sejak 2019. Kegiatan evaluasi dilaksanakan di Makassar," kata Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Dedi menyampaikan bahwa kegiatan koordinasi dan evaluasi program itu merupakan tindak lanjut dalam rangka untuk melakukan percepatan optimalisasi program dan penerima manfaat Program YESS dalam mendukung program utama Kementerian Pertanian.

Dia menuturkan, Program YESS hadir untuk meningkatkan dan menumbuhkan minat pemuda tani berwirausaha di bidang pertanian melalui magang, bimbingan teknis dan pelatihan.

Selain itu, peningkatan kelembagaan petani, pelibatan kelompok disabilitas dan persamaan gender, peningkatan kapasitas BDSP/BPP, peningkatan jejaring dan kluster usaha melalui koperasi dan lainnya.

Menurut Dedi, program tersebut cukup mampu membangun keberlanjutan dan penumbuhan petani milenial melalui peningkatan kapasitas keterampilan dan kemampuan manajemen usaha, perubahan mindset usaha, dalam rangka menggenjot produksi pertanian di Indonesia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kementan evaluasi Program YESS demi tingkatkan petani muda
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024