Pertamina: Minyak jelantah memungkinkan dikembangkan jadi avtur

id pertamina,minyak jelantah,avtur,SAF,bahan bakar pesawat,Sustainable Aviation Fuel,bumn

Pertamina: Minyak jelantah memungkinkan dikembangkan jadi avtur

SVP Business Development Pertamina Wisnu Medan Santoso (tengah) dalam acara diskusi di Jakarta, Selasa (10/9/2024). ANTARA/Aji Cakti

Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) mengungkapkan, minyak goreng bekas atau minyak jelantah memungkinkan untuk dikembangkan menjadi bahan bakar pesawat atau avtur.

"Memang yang paling ideal, karena kalau bioavtur ini tujuannya untuk ke luar negeri maka kita harus patuh (comply) dengan Carbon Offsetting and Reduction Scheme for International Aviation (Corsia) yang sayangnya saat ini kalau sumbernya dari palm oil kita masih belum comply, walaupun itu yang paling banyak. Hal yang berikutnya mungkin yang paling banyak adalah minyak jelantah," ujar SVP Business Development Pertamina Wisnu Medan Santoso di Jakarta, Selasa.

Wisnu mengatakan, pengembangan Sustainable Aviation Fuel (SAF) atau bioavtur masih dalam tahap diskusi.

Pertamina sendiri tengah mengkaji dan mengeksplorasi sejumlah opsi, termasuk cara pengumpulan minyak jelantah.

"Belum, ini baru diskusi bersama teman-teman karena kita lagi eksplorasi opsi-opsi, mengingat kita punya SPBU, agen-agen yang cukup banyak di seluruh Indonesia. Kita lagi diskusi bagaimana cara mengutilisasi itu untuk jadi tempat-tempat pengumpulan," katanya.

Dia mengatakan bahwa hal tersebut masih dalam tahap diskusi dan belum firm.

"Belum, terutama belum firm. Kita baru eksplorasi, baru brainstorming saja. Tapi tanpa feedstock yang cukup memang agak sulit mengembangkan proyek itu," katanya.

Kendati demikian, Wisnu cukup yakin bahwa dari sisi teknologi Pertamina siap terkait pengembangan SAF dengan salah satunya memungkinkan minyak jelantah dikembangkan menjadi bioavtur.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pertamina: Minyak jelantah memungkinkan untuk dikembangkan jadi avtur