Menteri PUPR: Pembangunan landasan pacu bandara di IKN sudah rampung

id menteri pupr,basuki hadimuljono,landasan pacu,bandara,IKN,ibu kota nusantara

Menteri PUPR: Pembangunan landasan pacu bandara di IKN sudah rampung

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (kiri) usai menyaksikan uji coba landasan pacu di Bandara IKN, Kalimantan Timur. ANTARA/HO-Humas Kemenhub

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pembangunan landasan pacu atau runway, jalur taxi dan apron bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah selesai.

"Bandara Insya Allah sudah selesai, dan makanya saya mau lihat, karena besok Bapak Presiden RI akan ke sana. Kami dari prasarana runway, taxi, dan apron sudah selesai," ujar Basuki di Jakarta, Rabu.

Mengenai operasional landasan bandara tersebut, Basuki menyampaikan hal itu tergantung pada Menteri Perhubungan terkait laik fungsinya.

"Ini tergantung dengan Menteri Perhubungan karena laik fungsinya dari Kementerian Perhubungan. Menteri Perhubungan sudah menempatkan tim uji laik fungsi di sana," katanya.

Basuki mengatakan landasan pacu bandara IKN tinggal dipasangi lampu-lampu untuk runway.

"Saya kira harus ada lampu-lampu dulu, itu yang belum, mudah-mudahan bisa segera," katanya.

Basuki sendiri rencananya bertolak dari Jakarta menuju IKN pada Rabu (11/9) pukul 13.00 WIB.

Kementerian Perhubungan melaksanakan proses kalibrasi terhadap seluruh fasilitas dan peralatan di Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), guna memastikan kesiapan operasional bandara sesuai dengan standar keselamatan penerbangan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri PUPR: Pembangunan landasan pacu bandara di IKN sudah selesai