Sebanyak 43.659 wisatawan kunjungi Destinasi Wisata Bantul selama libur panjang

id Wisata Bantul ,Libur panjang akhir pekan ,Dinas Pariwisata

Sebanyak 43.659 wisatawan kunjungi Destinasi Wisata Bantul selama libur panjang

Wisatawan mengunjungi Kawasan Pantai Selatan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat sebanyak 43.659 wisatawan berkunjung ke destinasi wisata daerah ini selama libur panjang akhir pekan bertepatan dengan hari libur Maulid Nabi Muhammad tahun 2024.

"Data wisatawan ke Bantul selama libur panjang dari delapan pintu retribusi wisata sebanyak 43.659 orang, dengan perolehan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp632 juta," kata Subkoordinator Kelompok Subtansi Promosi Kepariwisataan Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji di Bantul, Selasa.

Delapan pintu retribusi yang merupakan gerbang masuk wisata itu tersebut diantaranya Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Parangtritis, TPR Pantai Kuwaru, TPR Pantai Samas, TPR Pantai Gua Cemara, TPR Pantai Baru, kemudian TPR wisata Goa Selarong dan Goa Cerme.

Menurut dia, tingkat kunjungan wisatawan itu  yang tercatat selama tiga hari dari Sabtu dan Minggu (14 dan 15 September) ditambah hari Senin (16/9) yang merupakan libur nasional.

"Rinciannya pada Sabtu (14/9), pengunjung sebanyak 10.528 orang dengan PAD sebesar Rp152,4 juta, kemudian Minggu (15/9) sebanyak 20.820 orang dengan PAD sebesar Rp301,1 juta, dan pada Senin (16/9) dikunjungi sebanyak 12.311 orang dengan PAD sebesar Rp178,4 juta," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kunjungan wisatawan ke Bantul selama libur akhir pekan tersebut mengalami kenaikan hampir dua kali lipat dibanding dengan libur akhir pekan sebelumnya atau sejak Sabtu (7 sampai 9 September).

"Data wisatawan ke Bantul dari Sabtu sampai Senin (7 sampai 9 September) sebanyak 25.061 wisatawan dengan penerimaan PAD kurang lebih sebesar Rp360 jutaan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Bantul Saryadi mengatakan, peningkatan kunjungan wisatawan ke Bantul terutama Kawasan Pantai Selatan tersebut karena terdapat agenda musik bertajuk "Simfoni Gumuk Pasir" di Laguna View Depok pada 14 September 2024.

"Alunan musik yang jadi hiburan wisatawan tersebut juga membawa kesan baik tentang Depok, Parangtritis dan Kabupaten Bantul. Kami harap pengunjung bisa menjadi agen promosi guna mengenalkan Kawasan Wisata Pantai Selatan Bantul," katanya.