PKB meminta MPR tegaskan TAP MPR soal pemberhentian Gus Dur tidak berlaku

id Mpr ri, Jazilul Fawaid,Pkb, gus dur, Abdurrahman Wahid

PKB meminta MPR tegaskan TAP MPR soal pemberhentian Gus Dur tidak berlaku

Ketua Fraksi PKB MPR RI Jazilul Fawaid. (ANTARA/HO-MPR)

Jakarta (ANTARA) -
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meminta MPR RI untuk menerbitkan surat penegasan bahwa Ketetapan (TAP) MPR Nomor II/MPR/2001 yang isinya pemberhentian Presiden Ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, tak berlaku lagi.
 
Ketua Fraksi PKB MPR RI Jazilul Fawaid mengatakan surat penegasan dari pimpinan MPR RI tersebut diperlukan untuk memulihkan nama baik Gus Dur.
 
"Surat yang nantinya akan dikeluarkan MPR ini menjadi salah satu penguat bagi KH Abdurrahman Wahid untuk diberikan gelar Pahlawan Nasional,” kata Jazilul dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan TAP MPR tersebut secara otomatis tidak berlaku lagi dengan adanya TAP MPR RI Nomor I/MPR/2003 mengenai Peninjauan terhadap Materi dan Status Hukum Ketetapan MPRS dan Ketetapan MPR RI Tahun 1960 sampai dengan Tahun 2002.
 
Menurut dia, penegasan hal tersebut juga diperlukan untuk menjadi bagian dari semangat MPR RI melakukan rekonsiliasi nasional.
 
Selain itu, dia mengatakan PKB mengapresiasi langkah MPR RI yang telah menyerahkan surat pimpinan MPR tentang tidak berlakunya lagi TAP MPRS Nomor XXXIII/MPRS/1967 tentang Pencabutan Kekuasaan Negara dari Presiden Soekarno.

 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PKB minta MPR tegaskan TAP MPR soal pemberhentian Gus Dur tak berlaku
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024