DJPB DIY menggelar Expo UMKM "Goes to Campus 2024" di UPN Yogyakarta

id DPJB DIY,Sleman,UPN Veteran,Expo UMKM Goes to Campus 2024

DJPB DIY menggelar Expo UMKM "Goes to Campus 2024" di UPN Yogyakarta

Pembukaan UMKM Goes to Campus 2024 di Kampus UPN Yogyakarta, Kabupaten Sleman, DIY, pada Kamis (26/9). (ANTARA/Sutarmi)

Sleman (ANTARA) - Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menggelar Expo UMKM Goes to Campus 2024 di kampus UPN Veteran Yogyakarta, Kabupaten Sleman, pada 26-27 September 2024.

Kepala Kanwil DJPb DIY Agung Yulianta di Sleman, Kamis, mengatakan Expo UMKM ini merupakan wujud nyata dukungan kepada UMKM oleh Kemenkeu Satu lingkup DIY dengan UPN Veteran Yogyakarta.

Expo UMKM penting untuk semua pemangku kepentingan untuk mendukung UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

"Acara ini penting sebagai wujud nyata dukungan kita kepada UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia. Jadi tidak hanya di atas kertas dan di belakang meja rapat, tapi kita hadir langsung sehingga UMKM bisa memasarkan produknya kepada masyarakat luas," kata Agung.

Expo UMKM dibuka dengan pengguntingan pita oleh Kepala Kanwil DJPb DIY Agung Yulianta, Rektor UPN Veteran Yogyakarta Mohamad Irhas Effendi, Kepala Kanwil Ditjen Pajak DIY Erna Sulistyowati, dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY Eko Yunianto.

Ia mengatakan ada 44 UMKM yang hadir dalam Expo UMKM ini. Selain itu, terdapat juga booth-booth yang disediakan untuk unsur Kemenkeu Satu yakni Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LDPD), Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), dan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH).

Melalui gerai-gerai tersebut, Agung Yulianta berharap mahasiswa dan masyarakat memperoleh literasi dan informasi yang lengkap mengenai program-program yang dijalankan Kemenkeu melalui special mission vehicle (SMV) yang dimiliki. Terutama LPDP dan BPDPKS yang juga mengelola dana beasiswa pendidikan.

"Kita harapkan SMV yang hadir bisa memberikan info lengkap dan luas kepada mahasiswa yang akan mengakses beasiswa tentang jenis beasiswanya, bagaimana cara mengaksesnya, dan jadwalnya kapan. Semoga bisa memberikan literasi yang lengkap kepada civitas akademika di UPN dan siapapun yang berkunjung," katanya.

Expo UMKM ini juga menghadirkan talk show yang menghadirkan sejumlah narasumber kredibel dalam rangka memberikan pengetahuan dan berdiskusi terkait upaya-upaya untuk membuat UMKM naik kelas. Sebagai penutup, Agung berharap kolaborasi dengan UPN terus berlanjut untuk memastikan APBN dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat.

"Mudah-mudahan acara berjalan lancar, berhasil baik serta membawa manfaat dan keberkahan untuk Kemenkeu dan UPN. Kami juga berharap kolaborasi seperti ini bisa terus berlanjut," kata Agung.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: DJPB DIY gelar Expo UMKM "Goes to Campus 2024" di UPN Yogyakarta