Pjs Bupati: TMMD mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat Sleman

id TMMD Sengkuyung IV,Kodim Sleman ,Pemkab Sleman ,Sleman

Pjs Bupati: TMMD mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat Sleman

Pjs Bupati Sleman Kusno Wibowo didampingi Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol Inf M Zainollah menyerahkan peralatan kerja pada pembukaan TMMD Sengkuyung tahap IV di Lapangan Panti Asih, Hargobinangun, Pakem, Rabu (2/10/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pjs Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kusno Wibowo menyebutkan bahwa kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan sinergi antara pemerintah dan TNI sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Melalui program TMMD diharapkan dapat memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan kewilayahan yang memadai, sarana irigasi, ketersediaan air bersih dan sanitasi, dan lain sebagainya," kata Kusno saat membuka TMMD Sengkuyung tahap IV di Lapangan Panti Asih, Hargobinangun, Pakem, Rabu.

Pjs Bupati Sleman membuka TMMD secara simbolis dengan pemukulan gong, dan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan alat kerja.

Pada kesempatan itu, Pjs Bupati Sleman beserta rombongan sekaligus meninjau lokasi TMMD yang berada di Padukuhan Tanen.

Terdapat dua jenis kegiatan pada TMMD Sengkuyung tahap IV. Untuk sasaran fisik, dibangun talud jalan dengan panjang 1.200 meter, pembukaan jalan sepanjang 600 meter, dan pembuatan pos kamling.

Sedangkan untuk sasaran nonfisik dilakukan penyuluhan pencegahan stunting, penyuluhan wawasan kebangsaan, dan penyuluhan kamtibmas, narkoba, kejahatan jalanan, dan bullying.

Kusno Wibowo mengatakan, kolaborasi antara TNI dengan Pemerintah Kabupaten Sleman merupakan upaya nyata dalam percepatan pembangunan serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan nonfisik, diharapkan upaya tersebut mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat," katanya.

Menurut dia, dampak yang tak kalah penting dari kegiatan ini, TMMD Sengkuyung diharapkan ikut mendukung kalurahan di Kabupaten Sleman menjadi kalurahan mandiri, yaitu yang memiliki ketahanan pangan, aksesibilitas yang baik serta lingkungan yang sehat.

Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol Inf M Zainollah menerangkan TMMD Sengkuyung tahap IV dilaksanakan pada 2 - 31 Oktober 2024.

Ia berharap kegiatan ini tidak hanya memberikan dampak pembangunan saja, namun juga ikut mempertahankan budaya gotong royong di lingkungan masyarakat.

"Pada kegiatan ini terdapat budaya gotong royong yang dilakukan antara teman-teman TNI, Kepolisian, hingga masyarakat. Itu adalah hal yang mungkin tampak kecil dan terlupakan, tapi kegiatan itu sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024