Menlu RI sebut semua negara ASEAN dorong Timor Leste jadi anggota penuh

id timor leste dan asean,anggota baru asean,aksesi timor leste,menlu ri,retno marsudi,ktt asean,ktt asean laos

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menegaskan bahwa aksesi Timor Leste sebagai anggota penuh ASEAN mendapat dukungan bulat dari seluruh anggota yang senantiasa membantu Timor Leste memenuhi persyaratan keanggotaannya.

“Sekarang, semua negara anggota ASEAN bahkan mencoba membantu Timor Leste supaya lebih cepat memenuhi peta jalan yang dibuat bersama dengan ASEAN,” ucap Retno dalam pengarahan media usai menghadiri agenda KTT ke-44 dan ke-45 ASEAN di Vientiane, Laos, Rabu.

Menurut rekaman suara yang diterima di Jakarta, Retno mengatakan, Timor Leste harus terlebih dahulu memenuhi semua syarat yang ditentukan peta jalan keanggotaan penuh ASEAN yang disetujui pada KTT ke-42 ASEAN tahun lalu.

Ia pun menegaskan, tak ada satupun negara anggota yang enggan menerima Timor Leste ke ASEAN karena keputusan supaya negara tersebut menjadi anggota penuh ASEAN di masa mendatang telah disepakati.

Senada, Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemlu RI Sidharto R. Suryodipuro mengatakan, negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia, memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk membantu Timor Leste memenuhi pencapaian peta jalan tersebut sedini mungkin.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menlu RI: Semua negara ASEAN dorong Timor Leste jadi anggota penuh
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024