SD Muhammadiyah 3 Wirobrajan kembangkan Sekolah Digital

id sd muhammadiyah wirobrajan

SD Muhammadiyah 3 Wirobrajan kembangkan Sekolah Digital

ilustrasi sekolah digital (( antaranews.com))

Jogja  (ANTARA Jogja) - SD Muhammadiyah 3 Wirobrajan Yogyakarta melakukan inovasi dalam program sekolah digital yang diawali dengan memanfaatkan aplikasi "Studentbook".

"`Studentbook` adalah aplikasi jejaring sosial berbasis web yang dapat diakses secara langsung oleh siswa, guru maupun orang tua," kata Kepala Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Wirobrajan Suwarjo saat peluncuran program Sekolah Digital di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, aplikasi "Studentbook" yang dapat diakses melalui alamat studentbook.co.id tersebut merupakan langkah awal untuk mewujudkan sekolah digital di sekolah dasar itu.

Aplikasi "Studentbook" tersebut, lanjut dia, mengintegrasikan sistem informasi akademik, komunikasi akademik dengan stakeholder pendidikan dan pembelajaran berbasis internet.

Dalam aplikasi tersebut, lanjut Suwarjo, siswa atau guru dan orang tua murid bisa berinteraksi secara langsung melalui internet, mengirimkan tugas, bahkan orang tua bisa mengetahui tugas yang diberikan kepada anaknya melalui aplikasi itu.

"Kami berharap, aplikasi ini akan memudahkan proses belajar mengajar ke siswa, serta memperlancar komunikasi dengan berbagai pihak yang berkepentingan dalam pendidikan," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang meluncurkan program tersebut mengatakan, inovasi yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah 3 Wirobrajan tersebut merupakan cerminan dari semangat Ki Hadjar Dewantara untuk memajukan dunia pendidikan.

"Perkembangan teknologi digital sangat pesat, dan sudah seharusnya perkembangan tersebut dimanfaatkan untuk memajukan pendidikan di Indonesia," katanya.

Ia berharap, aplikasi "Studentbook" tersebut dapat dimanfaatkan dan dikelola secara maksimal untuk kepentingan kemajuan pendidikan.

"Dengan pemanfaatan aplikasi jejaring sosial seperti ini, berita baik atau buruk bisa tersebar dengan cepat. Seharusnya, sistem ini harus diawasi dan dijaga sehingga tidak melenceng dari tujuan awalnya," katanya.

(E013)