Kongres alzheimer dunia teliti strategi pencegahan dini

id kongres alzheimer dunia teliti

Kongres alzheimer dunia teliti strategi pencegahan dini

Ilustrasi tentang penyakit alzheimer (Foto nadjeeb.wordpress.com)

Jakarta (ANTARA Jogja) - Kongres antarbangsa ke-12 penyakit alzheimer pada 2012 di Vancouver, Kanada, membahas keberhasilan yang dapat digunakan sebagai strategi pencegahan dini pada masa kini atas penyakit itu.

"Salah satu tujuan penelitian saat ini adalah mempelajari perkembangan 'lesi Tau' yang dapat dilacak pada sel oligodendrosit muda, dan sel oligodendrosit matur, sehingga dapat didapatkan strategi-strategi baru untuk dapat memotong mata rantai perkembangan pretangles (fase asimptomatik) menjadi neurofibri
tangles (fase simptomatik)," kata salah satu ahli penyakit syaraf Indonesia dr Andreas Harry, SpS (K) saat menghubungi ANTARA dari Vancouver, Rabu.

Andreas Harry sebagai anggota dari asosiasi "international advance research" pada kongres tersebut hadir bersama dr Tika Lilisantosa atas undangan pada acara yang digagas Asosiasi Alzheimer (AAICAD), dan diikuti para peneliti dunia mengenai penyakit itu.

Pada kongres ini, kata dia, juga dibahas mengenai patogenesis protein Tau pada penyakit Alzheimer.

Ia menyebutkan bahwa protein Tau pada neuron otak berubah menjadi "lesi Tau" (mikrotubulus abnormal: pretangles ataupun neurofibrillary tangles) pada beberapa jenis neuron, yang merupakan komponen penting dalam patogenesis penyakit Alzheimer.

Menurut dia, "lesi Tau intraneural" tersebut ditemukan baik pada stadium awal hingga stadium lanjut penyakit Alzheimer.

Pembentukan pada fase awal penyakit Alzheimer (asimptomatik Alzheimer) akan "mengawali" proses patologis penyakit itu.

"Dan itu 'penting', karena terkait erat pada terinduksinya proses patologis yang memasuki stadium lebih lanjut (fase neurofibrillary tangles) yang mendasari timbulnya klinis penyakit Alzheimer (simptomatik Alzheimer)," katanya.

Fase awal penyakit Alzheimer, kata dia, adalah bagian yang paling menarik karena hanya pretangles yang ditemukan pada area tertentu dalam otak manusia. 
   
Andreas Harry mengatakan bahwa pada sekitar 1990-an definisi penyakit Alzheimer merupakan penyakit neurodegeneratif dengan ciri khas defek kognitif memori secara progresif sehingga tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari, yang sebenarnya telah terjadi proses patologis stadium lanjut pada otak manusia.

"Kita berharap penelitian terbaru dalam kongres kali ini dapat melahirkan perkembangan riset terbaru penyakit alzheimer, riwayatnya, klasifikasinya, maupun obat-obatan yang berkaitan dengan penyakit tersebut," katanya.

Kongres yang dimulai sejak 15 Juli 2012 tersebut, akan berakhir pada Kamis (19/7).

(A035)