Gamelan jawa ramaikan Festival Musik "Actua Madrid"

id gamelan jawa ramaikan

Gamelan jawa ramaikan Festival Musik "Actua Madrid"

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

London (Antara Jogja) - Kelompok Gamelan Internasional KBRI Madrid di bawah asuhan Suyanto mendapat sambutan hangat dari publik dalam Festival Musik "Actúa Madrid" di Plaza de Oriente, pekan ini ketika memainkan musik tradisional gamelan Jawa.

"Festival Musik 'Actúa Madrid' diadakan oleh Radio Cadena SER dan Radio Madrid, sebagai wadah bagi praktisi seni, artis penyanyi, komedian, koreografer, dan perancang busana untuk memamerkan karyanya kepada publik, demikian Sekretaris Tiga KBRI Madrid, Nona Siska Noviyanti kepada Antara London, Minggu.

Festival tersebut merupakan kegiatan tahunan di Kota Madrid diselenggarakan di Plaza de Oriente yang terletak di sebelah timur Istana Raja (Palacio Real), Madrid, selama dua hari pada tanggal 26 dan 27 Juni.

Menurut Radio Cadena SER, untuk tahun 2014 ini terdapat 120 artis yang tampil pada festival termasuk para artis senior seperti penyanyi dan komposer Spanyol, Carmen París; musisi dan gitaris Spanyol, Carlos Goñi; serta penyanyi flamenco, Antonio Carmona.

Pada Festival Musik 2014, pihak penyelenggara juga mengundang Kelompok Gamelan Internasional KBRI Madrid (Gamelan Jawa) untuk tampil.

Menurut David Gonzlez Tejero, guru musik berkebangsaan Spanyol dan pimpinan Kelompok Gamelan Internasional KBRI Madrid, musik Gamelan Jawa diundang tampil pada Festival Musik Actúa Madrid 2014 karena unik dan alunannya indah.

Gamelan Jawa dipilih menjadi tamu pada festival tersebut juga karena Radio Cadena SER ingin memperkenalkan salah satu musik tradisional dari negara lain kepada publik Spanyol.

Kelompok pemain gamelan adalah delapan penabuh gending dari berbagai negara seperti  Spanyol, Italia, Slovenia, Argentina, Irlandia dan Indonesia tampil dengan mengenakan  busana tradisional Jawa, terlihat terampil melantunkan gending-gending ringan Sluku-sluku Bathok; Manyar Sewu dan Kebo Giro.
  
Mereka adalah para murid kursus Bahasa Indonesia di KBRI Madrid.

Dalam wawancara dengan Radio Madrid setelah tampil di panggung, David Gonzalez Tejero menyapa para pendengar Radio Madrid dan mengundang mereka untuk yang berminat untuk ikut belajar memainkan dan menikmati musik gamelan di Sanggar Budaya KBRI Madrid yang diadakan setiap  Jumat petang.

Dubes RI di Madrid, Yuli Mumpuni Widarso ikut menyaksikan penampilan bersama publik Madrid  mendukung  partisipasi kelompok Gamelan Internasional KBRI Madrid dalam Festival Musik Actúa Madrid 2014 dalam   mempromosikan musik tradisional Jawa kepada publik internasional di Spanyol.

Dubes mengatakan ajang serupa yang digelar di kota-kota lainnya di Spanyol, merupakan media efektif untuk memperkenalkan musik tradisional Indonesia kepada publik Spanyol dan internasional.

Spanyol adalah negara yang dikunjungi sekitar 55 juta wisatawan  setiap tahunnya sehingga merupakan panggung yang sangat potensial dalam menjaring wisatawan mancanegara ke Indonesia dengan memperkenalkan seni musik tradisional.

KBRI Madrid mempunyai satu kelompokgamelan Jawa yang lain yaitu  "Caraka Laras" yang seluruh anggotanya adalah masyarakat Indonesia di Madrid. Kelompok ini juga  sering tampil di berbagai festival musik yang diselenggarakan di berbagai kota di Spanyol maupun negara Eropa lainnya.

(H-ZG)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024