Kawasan Bong Suwung terus diupayakan bebas penghuni

id stasiun tugu

Kawasan Bong Suwung terus diupayakan bebas penghuni

Ilustrasi. Kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta (Foto Antara/Dok)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Kawasan Bong Suwung yang berada tepat di bagian barat Stasiun Tugu, Kota Yogyakarta, terus diupayakan bebas dari penghuni karena kawasan tersebut akan ditata sebagai lahan parkir untuk kendaraan pengunjung stasiun.

"Sosialisasi terus dilakukan karena masih ada beberapa penghuni yang beraktivitas di lokasi tersebut," kata Camat Gedongtengen Antariksa Agus Purnama di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, proses sosialisasi penataan kawasan Bong Suwung sudah dilakukan sejak lama oleh PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI dengan melakukan pendekatan personal kepada penghuni.

Antariksa mengatakan sudah ada beberapa penghuni yang meninggalkan lokasi tersebut namun ada pula yang masih tinggal di kawasan itu. "Banyak penghuni yang berasal dari luar Yogyakarta. Berapa jumlahnya, kami tidak mendata secara pasti," katanya.

Selain itu, lanjut dia, pemilik kios yang berada di timur Kantor Kecamatan Gedongtengen juga sudah diberi tali asih oleh PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta. Lokasi tersebut juga akan menjadi bagian dari penataan.

Antariksa mengatakan, akan mengikuti proses sosialisasi dan penataan di kawasan tersebut. "Bagaimanapun juga, PT KAI adalah pihak yang memiliki hak untuk memanfaatkan tanah Sultan Ground itu," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan sudah memperoleh pemaparan dari PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta mengenai rencana penataan Stasiun Tugu.

"Kami dukung penataan yang dilakukan, namun konsepnya harus jelas sehingga sosialisasi bisa dilakukan dengan baik dan masyarakat bisa memahaminya," kata Haryadi.

Sebelumnya, Executive Vice President (EVP) PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Wiwik Widayanti mengatakan, penataan di Stasiun Tugu dilakukan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di pintu masuk timur stasiun.

PT KAI Daop VI Yogyakarta berencana membangun lokasi parkir di bekas kawasan Bong Suwung untuk memindahkan lokasi parkir dari bagian timur stasiun. Di kawasan parkir baru itu akan ditambah selasar untuk akses masuk pengunjung ke stasiun.

"Harapannya, kondisi Stasiun Tugu sudah akan lebih tertata saat Lebaran," katanya yang sudah membebaskan lahan seluas 7.000 meter persegi di Bong Suwung.

Ia berharap, pemerintah daerah setempat bisa memberikan dukungan terhadap penataan Stasiun Tugu itu. ***3***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar