Wabup Sleman: APPSI diharapkan ayomi pedagang pasar

id yuni satia rahayu

Wabup Sleman: APPSI diharapkan ayomi pedagang pasar

Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu melantik penggurus APPSI Komisariat Pasar Godean. (Foto Antara/ Dok Humas Sleman)

Sleman, (Antara Jogja) - Pengurus Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia diharapkan mampu mengayomi dan memberikan advokasi kepada pedagang pasar tradisional saat menghadapi permasalahan, kata Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Yuni Satia Rahayu.

"Dengan adanya pengurus Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Komisariat Pasar Godean, Sleman Yogyakarta, ini bisa membuat pedagang pasar menjadi lebih terayomi," kata Yuni Satia Rahayu saat melantik pengurus APPSI Komisariat Pasar Godean di Pusat Kuliner Belut Godean di Sleman, Rabu sore.

Menurut dia, selama ini pedagang pasar tradisional merupakan elemen masyarakat yang sering disingkirkan.

Oleh karena itu, katanya, fungsi APPSI untuk melakukan advokasi dan pendampingan kepada pedagang guna memperjuangkan hak-hak pedagang pasar.

"APPSI ini dibentuk memang fungsinya untuk mengayomi para anggotanya, tidak hanya itu tapi juga mengadvokasi kalau ada masalah di pasar," kata Yuni yang juga Ketua DPD APPSI Sleman itu.

Selain menegaskan fungsi APPSI, Yuni juga mendorong APPSI Pasar Godean nantinya membuat koperasi bersama.

Tujuan koperasi itu, katanya, mempermudah mengontrol anggotanya dan mendorong kemajuan masing-masing pedagang pasar.

"Koperasi itu sebagai kelompok usaha bersama, nantinya para anggota juga bisa mendapatkan sisa hasil usaha (SHU), ini akan menguntungkan bagi para pedagang pasar untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang," katanya.

Ketua Komisariat APPSI Pasar Godean Ribut berharap, kepengurusannya bisa berperan banyak dalam meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.

Pelantikan itu diharapkan memberikan semangat baru kepada pedagang pasar, khususnya di Pasar Godean, untuk saling peduli dengan sesama anggotanya.

"Saya berharap APPSI di Pasar Godean bisa memajukan para anggotanya dan juga berperan untuk menata Pasar Godean supaya lebih nyaman untuk para pelanggan," katanya.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan dialog antara pedagang pasar dengan Pemerintah Kabupaten Sleman.

Pemerintah Kabupaten Sleman mengimbau para pedagang untuk taat dalam membayar pajak, sebab pajak juga digunakan untuk membiayai perbaikan sarana umum, seperti pasar itu sendiri.

"Kalau pasarnya resik, rejekinya pedagang apik, pelanggannya bolak-balik, kan jadi untung semua," kata Kepala UPT Pasar Godean Prasetyo Sensus. ***3***

(V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024