Pelita Jaya Basketball melaju ke final IBL

id basket

Pelita Jaya Basketball melaju ke final IBL

Ilustrasi (Foto Antara)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Pelita Jaya (PJ) Basketball melaju ke final Liga Bola Basket Indonesia (IBL) setelah menaklukan Stapac Jakarta dengan skor 77-76 melalui babak tambahan ("over time") dalam laga ketiga semifinal Divisi Putih di GOR C-Tra Arena, Bandung, Minggu.

        Dipantau dari laman IBL di Jakarta, Minggu, kemenangan itu membuat kedudukan semifinal yang berformat "best of three" tersebut menjadi 2-1 untuk keunggulan PJ dan berhak menghadapi Satria Muda (SM) Pertamina di partai puncak IBL 2017-2018 pada 19-22 April 2018.

        Itu merupakan final ulangan setelah sebelumnya kedua tim berjumpa di final IBL 2017 di mana ketika itu PJ keluar sebagai juara.

        Dari laga PJ versus Stapac, pertandingan ketat sejak menit pertama. Tiga menit kuarter satu berjalan, skor 6-6 usai forward Stapac Jakarta Rizky Effendi melesakkan tembakan dua angka.

        Dua tembakan bebas sempurna point guard Dominique Williams membawa Stapac unggul jauh 19-12, sebelum kuarter itu berakhir dengan skor 19-15 untuk Stapac.

        Di kuarter kedua, PJ berusaha keras mengejar ketinggalan dan berhasil melakukkan satu menit jelang babak pertama berakhir melalui tiga poin Andrie Ekayana dan membuat skor menjadi 29-29.

        Namun, Stapac tetap tak terbendung setelah tiga tembakan bebas Abraham Damar Grahita masuk yang membuat skor 35-29 untuk keunggulan Stapac di babak pertama.

        Dua poin Dominique Williams menit keempat kuarter ketiga membawa Stapac menjauh 43-36. Namun, meski terus menekan, Stapac tetap terdepan dengan skor 46-45.

        Hanya tertinggal satu angka, PJ meningkatkan intensitas serangan di kuarter keempat. Di fase ini, kedua tim bergantian memimpin skor.

        Namun, meski sempat memimpin 67-65, PJ gagal memenangkan laga karena dua tembakan bebas center Stapac M. Thoyib di detik terakhir kuarter keempat membuat pertandingan imbang 67-67 dan berlanjut ke over time.

        Di babak tambahan, Stapac unggul 76-75 setelah Dominique Williams menorehkan tiga poin. Sayang, 10 detik jelang pertandingan berakhir Dominique Williams membuat pelanggaran terhadap guard PJ Xaverius Prawiro.

        Xaverius, yang merupakan MVP IBL 2017-2018, tidak menyianyiakan kesempatan tersebut dan memasukkan dua tembakan bebas tersebut. Skor pun menjadi 77-76 untuk kemenangan Pelita Jaya.

        Center PJ Chester Giles menjadi bintang timnya di laga tersebut dengan membuat 17 poin dan 29 rebound.

        Sementara di kubu Stapac, point guard Dominique Williams menjadi pendulang angka tertinggi dengan 25 poin, tiga rebound dan tiga assist. 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024