PLN selesaikan rekonduktoring 150.000 volt Pekalongan-Batang

id sutet,jaringan listrik,PLN

PLN selesaikan rekonduktoring 150.000 volt Pekalongan-Batang

PT PLN (Persero) menyelesaikan pekerjaan rekonduktoring jalur transmisi SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) 150.000 Volt (150 kV) sepanjang 13 Kms di jalur Pekalongan-Batang, Jawa Tengah. (Foto Dok PLN)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - PT PLN (Persero) menyelesaikan pekerjaan rekonduktoring jalur transmisi SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) 150.000 Volt (150 kV) sepanjang 13 Kms di jalur Pekalongan-Batang, Jawa Tengah.

"Pemberian tegangan (energize) dilakukan pada Minggu (10/6) dan berhasil menambah pasokan daya listrik ke GI Pekalongan untuk memperkuat keandalan pasokan listrik bagi masyarakat sekitar Pantai Utara Jawa," kata Manajer PLN UPP 3 Semarang Sih Riyanto, di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, pihaknya menyelesaikan pekerjaan ini dalam waktu kurang dari satu bulan untuk memastikan penguatan pasokan listrik khususnya menjelang hari Raya.

"Secara teknis, kami mengganti kabel di jalur ini dengan ukuran dua kali lebih besar, dari semula single ACSR Hawk 240 (600 A) menjadin single ACCC Lisbon (1200 A),? sehingga dapat lebih banyak menyalurkan arus listrik untuk wilayah Pantai Utara Jawa," katanya.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah? (UIP JBT) II Eko Priyantono menyampaikan bahwa tujuan dari rekonduktoring jalur SUTT 150 kV Pekalongan-Batang adalah untuk kesiapan evakuasi daya dari PLTU Batang 2 x 1.000 MW, seiring juga telah di-uprating nya peralatan Gardu Induk di wilayah Pantura untuk menambah kehandalan listrik di Pantura.

"Keberhasilan ini merupakan wujud nyata komitmen PLN dalam meningkatkan pelayanan ketenagalistrikan dari sisi hulu sampai hilir," katanya.

Ia mengatakan, saat ini kemajuan pekerjaan PLTU Batang telah mencapai 40,2 persen, nantinya akan berkontribusi mensuplai listrik sebesar 5,7 persen untuk sistem kelistrikan Jawa-Bali.

"Sehingga hal ini dapat mendukung peningkatan rasio elektrifikasi di Pulau Jawa dan melalui jalur transmisi 150.000 volt Pekalongan-Batang," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024