Hiu terdampar di Pantai Parangkusumo menjadi tontonan

id Hiu tutul

Hiu terdampar di Pantai Parangkusumo menjadi tontonan

Hiu tutul yang terdampar menjadi tontonan (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Seekor ikan diperkirakan berjenis hiu tutul yang terdampar di wilayah Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Senin (27/8) pagi menjadi tontotan warga maupun wisatawan pantai. 
     
Pantauan di Pantai Parangkusumo Bantul,  warga mulai dari anak-anak sampai dewasa berkerumun di seputaran tubuh mamalia laut dengan panjang sekitar empat meter tersebut yang masih berada di pinggir pantai dan sudah tidak bernyawa tersebut.
     
Sebagian warga yang menonton tersebut terlihat mengabadikan gambar bangkai mamalia laut tersebut dengan kamera ponsel dan berswafoto dengan latar belakang ikan, dan sebagian warga melihat dari jarak jauh.
       
Salah seorang warga yang menonton bangkai hiu tersebut, Subini mengatakan, mengaku bersama istrinya mendapat informasi hiu terdampar di Pantai Parangkusumo sekitar pukul 07.30 WIB dari temannya melalui pesan singkat whatsapp.
     
"Tadi setelah jalan sehat selesai langsung kesini mau lihat hiu, karena ada informasi hiu terdampar, " kata Subini yang mengaku usai jalan sehat di Dusun Gading Lumbung, Donotirto, Bantulyang berjarak sekitar enam kilometer dari Parangkusumo.
     
Komandan SAR Pantai Parangtritis Muhammad Arif Nugraha mengatakan, terdamparnya ikan tersebut pertama kali ditemukan warga sekitar pukul 04.30 WIB saat sedang beraktifitas di pantai dan kemudian langsung melaporkan ke SAR setempat. 
     
"Dari laporan itu kemudian kami tidaklanjuti, kita cek dan ternyata benar apa yang dilaporkan. Kalau jenis ikannya kami belum tahu, namun kalau panjangnya sekitar empat meter dengan lebar sekitar satu meter. Beratnya sekitar satu ton," katanya.
     
Ia mengatakan, saat ditemukan warga dan dilaporkan ke teman-teman SAR ikan tersebut masih dalam keadaan hidup, akan tetapi selang beberapa waktu kemudian ikan tersebut mati karena insang sudah tidak bergerak. 
     
Hingga pukul 11.15 WIB bangkai ikan hiu tersebut masih berada di tepi pantai Parangkusumo dan menjadi tontonan warga, petugas SAR dan dari instansi terkait berada di lokasi terdamparnya ikan tersebut guna mengambil langkah lebih lanjut.