Sri Mulyani Menteri Keuangan Terbaik Asia Timur-Pasifik versi Majalah Globe Markets

id sri mulyani

Sri Mulyani Menteri Keuangan Terbaik Asia Timur-Pasifik versi Majalah Globe Markets

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto Antaranews)

Nusa Dua, Bali (Antaranews Jogja) - Sri Mulyani Indrawati memperoleh penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik di kawasan Asia Timur dan Pasifik versi majalah Global Markets.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Sri Mulyani di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-WB di Nusa Dua, Bali, Sabtu malam.

Global Markets menilai Sri Mulyani layak menerima penghargaan ini karena mampu mengelola kondisi fiskal dengan defisit anggaran terjaga dibawah tiga persen.

Hal ini terlihat dari realisasi penerimaan pajak yang mencapai 91 persen dari target dan penyerapan belanja pemerintah sebesar 97 persen pada 2017 atau lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya,

Sri Mulyani juga mempunyai peran yang signifikan dalam menurunkan angka kemiskinan yang saat ini telah tercatat mencapai satu digit dan menekan tingkat kesenjangan.

Dalam kata sambutannya, Sri Mulyani mengatakan raihan prestasi ini bukan hanya pencapaian pribadi, karena hasil ini juga merupakan kerja keras seluruh pegawai Kementerian Keuangan.

"Tentu kita harus meneliti standar mereka. Jika menyebutkan bahwa efektivitas dan kredibilitas APBN, saya rasa itu kriteria yang cukup baik karena menunjukkan apa yang selama ini Kementerian Keuangan lakukan," katanya.

Ia mengatakan upaya pengelolaan fiskal bukan merupakan hal yang mudah dalam kondisi perekonomian global dilanda ketidakpastian.

Namun, Sri Mulyani akan terus melakukan upaya terbaik agar realisasi penerimaan pajak tidak meleset terlalu jauh dari target melalui sejumlah program ekstensifikasi.

Beberapa diantaranya melalui perolehan data Wajib Pajak dari program pengampunan pajak maupun pertukaran akses informasi secara otomatis.

Selain itu, ia memastikan adanya perbaikan kualitas belanja pemerintah agar bisa meningkatkan tingkat kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat.
Global Markets merupakan majalah berita terkemuka di bidang ekonomi internasional yang 30 tahun terakhir telah menjadi salah satu acuan bagi para pelaku dan institusi di sektor ekonomi dan keuangan internasional.

Sebelumnya, Sri Mulyani juga telah memperoleh beberapa penghargaan seperti Menteri Keuangan terbaik Asia 2006 oleh Emerging Markets Forum di Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Singapura pada 2006.

Selain itu, Sri Mulyani ikut dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik 2006 oleh majalah Euromoney dan wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes 2008.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga dinobatkan sebagai menteri terbaik dunia pada World Government Summit di Dubai, Februari 2018.