Umbulmartani juara lomba siskamling Kabupaten Sleman

id pemkab sleman

Umbulmartani juara lomba siskamling Kabupaten Sleman

Pemerinath Kabupaten Sleman (Foto Antara)

Sleman (Antaranews Jogja) - Pos Kamling Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Siskamling yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sleman.
     
"Setelah semua kecamatan dilakukan penilaian lomba Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) pada 3 hingga 28 September 2018, Kecamatan Ngemplak berhasil meraih nilai tertinggi dan keluar sebagai juara pertama," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Sleman Hery Sutopo saat penyerahan hadiah Lomba Siskamling, Senin.
     
Menurut dia, Dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Sleman, Pos Kamling Ngemplak I Umbulmartani Kecamatan Ngemplak terpilih sebagai juara satu dalam lomba tersebut dengan nilai sebesar 3.420.
     
"Peringkat ke 2 berhasil diraih Pos Kamling Barak I, Margoluwih Kecamatan Seyegan dengan nilai sebesar 3.280. Sedangkan di urutan ke 3 diraih Pos Kamling Nggetas Gandekan, Tlogoadi Kecamatan Mlati dengan nilai 3.202," katanya.
     
Ia mengatakan, diarapkan kegiatan positif tersebut dapat terus dilanjutkan meskipun lomba sudah usai.
     
"Karena siskamling merupakan salah satu sistem pertahanan nasional yang harus terus dibina," katanya.
     
Hery mengatakan, pihaknya terus mendorong warga masyarakat dengan dibantu pihak terkait dapat selalu meningkatkan perana dan fungsinya guna menciptkan situasi yang kondusif, aman, dan nyaman di lingkungan masyarakat.
     
"Ini sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2018 yang baru saja ditetapkan pada 28 Agustus 2018. Isinya yaitu tentang bagaimana mengakomodir sistem yang dibangun di tengah masyarakat untuk menciptakan kondusifitas, keamanan serta ketertiban di masyarakat," katanya.
     
Ia mengatakan, Selain warga setempat, dalam lomba tersebut turut melibatkan pemerintah kecamatan, pemerintah desa, Babinsa dan Babinkamtibmas.
     
"Penilaian dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal, diantaranya kelengkapan fasilitas keamanan, keaktifan pengurus Pos Kamling dan kebersihan Pos Kamling," katanya.
     
Sedangkan Dewan Juri pada lomba tersebut adalah Kapten Inf Soekarno (Kodim 0732), AKP Ani Sulistyorini (Kasat Binmas Polres Sleman), Ipda Susilo (Binmas Sleman), Suryono (Satpol PP Sleman), Pambudi (Pemadam Kebakaran Sleman).
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024