UNY imbau sekolah segera finalisasi PDSS

id uny

UNY imbau sekolah segera finalisasi PDSS

Kampus UNY (unycommunity.com)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Wakil Rektor I Universitas Negeri Yogyakarta Prof Margana mengimbau sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta segera melakukan finalisasi data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa sebagai syarat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2019.
     
"Waktu finalisasi data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) tinggal dua hari lagi, akan berakhir pada Jumat, 25 Januari 2019. Mohon pihak sekolah segera menyelesaikan proses tersebut," kata Margana di Yogyakarta, Rabu.
     
Menurut dia, PDSS merupakan syarat penting agar siswa dapat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019. Untuk itu, harus dipastikan bahwa sekolah sudah selesai melakukan finalisasi data di PDSS.
     
"Jangan sampai proses pengisian PDSS menghambat kesempatan siswa untuk mengakses pendaftaran SNMPTN," kata Margana.
     
Ia mengatakan salah satu tahapan penting dalam proses SNMPTN adalah pengisian, verifikasi, dan finalisasi data di PDSS. Pengisian dan finalisasi PDSS dilakukan oleh pihak sekolah setelah siswa melakukan verifikasi data.
     
"Hal yang perlu diperhatikan adalah setelah dilakukan finalisasi, data di PDSS sudah tidak bisa diubah lagi," katanya.
     
Ia mengemukakan, berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) per 23 Januari 2019 pukul 15.00 WIB, untuk wilayah DIY terdapat 101 sekolah yang belum melakukan "entry" data PDSS.
     
Sebanyak 101 sekolah itu terdiri atas 12 sekolah di Kota Yogyakarta, 13 sekolah di Kabupaten Kulon Progo, 23 sekolah di Kabupaten Sleman, 24 sekolah di Kabupaten Bantul, dan 29 sekolah di Kabupaten Gunung Kidul.
     
"Oleh karena itu, kami mengimbau sekolah-sekolah yang belum 'entry' data untuk segera menyelesaikan proses tersebut, agar tidak merugikan siswa," katanya.
     
Demikian pula bagi sekolah-sekolah yang sudah "entry" dan verifikasi data diimbau untuk segera melakukan finalisasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
     
"Jika ada kendala dalam proses tersebut, dapat menghubungi http://www.snmptn.ac.id, http://halo.snmptn.ac.id, dan Call-Center: 08041450450," kata Margana.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024