Instiper berkomitmen siapkan lulusan mampu menjadi wirausahawan berbasis teknologi

id Rektor Instiper,lulusan,wirausaha,berbasis teknologi

Instiper berkomitmen siapkan lulusan mampu menjadi wirausahawan berbasis teknologi

Rektor Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta Harsawardana. (FOTO ANTARA/Hery Sidik)

Yogyakarta (ANTARA) - Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta berkomitmen selain menyiapkan lulusan perguruan tinggi yang dapat bekerja pada sektor industri besar, menengah, kecil dan mikro juga menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menjadi wirausahawan berbasis teknologi.

"Instiper memiliki komitmen, bahwa disamping menyiapkan lulusannya untuk mampu bekerja di berbagai industri besar, menengah, kecil dan mikro serta organisasi lembaga pemerintah dan swasta lainnya, juga menyiapkan lulusan untuk bisa menjadi wirausahawan berbasis teknologi," kata Rektor Instiper Yogyakarta Harsawardana di Yogyakarta, Selasa.

Rektor pada sambutan acara Dies Natalis Instiper ke-61 di Grha Instiper Yogyakarta mengatakan guna menyiapkan lulusan untuk menjadi wirausahawan berbasis teknologi (technopreneurship) telah mendirikan tujuh pusat riset dan inovasi di bidang agroindustry serta dua pusat sains untuk mempercepat penyelenggaraan era revolusi industri 4.0.

"Instiper juga memberikan kesempatan bagi kelompok-kelompok mahasiswa untuk menyalurkan minat atau hobinya melalui UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan kelembagaan mahasiswa, robotic academy, drone academy, dan kelompok barista," katanya.

Rektor mengatakan, pada Dies Natalis kali ini mengambil tema "Peran Pendidikan dalam Membentuk Entreprenuer", yang mana tema tersebut tepat dalam memberikan pemahaman tentang kewirausahaan kepada mahasiswa yang sesuai dengan perkembangan zaman di era 4.0.

"Instiper sebagai perguruan tinggi terus mengikuti perkembangan zaman. Adanya revolusi industri 4.0 telah menjadi tantangan eksternal yang harus senantiasa ditanggapi dengan bijaksana, penyesuaian sistem pendidikan, kurikulum, maupun tatanan organisasi perguruan tinggi," katanya.

Rektor juga mengatakan, revolusi industri 4.0 juga memungkinkan setiap orang untuk berkembang dengan adanya keberlimpahan teknologi.

"Kesempatan untuk menjadi entrepreneur juga menjadi semakin besar. Oleh karenanya selain kurikulum yang telah ada, kami siapkan pula mahasiswa dengan pengayaan pengetahuan di bidang perkembangan teknologi dan kewirausahaan," katanya.

Pada acara Dies Natalis juga diberikan penghargaan bagi dosen dan karyawan Instiper yang telah mengabdi selama 25 tahun oleh Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Kader Perkebunan Yogyakarta/YPKPY (yayasan pendiri Instiper) Sri Hartadi kepada 16 orang terdiri lima orang dosen dan 11 karyawan.
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar