Bupati Bantul harapkan anggota Satlinmas Rescue jaga Pilkades dan Pilkada

id Serah terima Satlinmas

Bupati Bantul harapkan anggota Satlinmas Rescue jaga Pilkades dan Pilkada

Penandatanganan serah terima anggota Satlinmas Rescue Istimewa Bantul dari BPBD ke Satpol PP (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Suharsono mengharapkan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat Rescue Istimewa Bantul ikut menjaga keamanan dan ketertiban wilayah ini dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul tahun 2020.

"Segenap anggota Linmas Istimewa Rescue, bahwa di tahun 2020 Bantul akan melaksanakan dua hajatan demokrasi, yaitu pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada Juni, kemudian Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada September," kata Bupati dalam acara serah terima anggota Satlinmas Rescue Istimewa di Bantul, Rabu.

Oleh karena itu, Bupati meminta agar Satlinmas Rescue Istimewa yang selama ini bertugas menjaga keamanan pantai dan melakukan pencarian serta penyelamatan jika terjadi kasus kecelakaan laut, juga menjaga keamanan dan ketertiban Bantul menghadapi Pilkades serentak dan Pilkada Bantul.

Bupati juga mengajak kepada semua anggota Satlinmas Rescue Istimewa yang saat ini berada di bawah komando Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul agar dapat menunjukkan bahwa Bantul adalah kabupaten yang memiliki kematangan demokrasi, sehingga meskipun ada perbedaan, tetap sebagai sebuah semangat demokrasi.

"Saya berkeinginan mudah-mudahan di tahun politik ini banyak ide baru yang muncul, jadi semua hajatan demokrasi yang kita laksanakan akan bisa mencerahkan warga masyarakat," kata Bupati.

Berkaitan dengan itu pula, lanjut Bupati, semua anggota Satlinmas Rescue Istimewa Bantul diharapkan agar mengoptimalkan pencegahan dan deteksi dini di lingkungan masing-masing terhadap besar kecil kemungkinan bahaya atau pergerakan yang bermuara pada terancamnya Pilkades dan Pilkada.

"Ingatkan dan sadarkan masyarakat untuk tidak menyebarkan hoaks, ujaran kebencian, fitnah khususnya yang terkait dengan kontestan Pilkades dan Pilkada. Mari kita jaga Bantul dari segala tindakan yang memecah belah persatuan, jadikan Bantul sebagai barometer yang positif bagi pelaksanaan Pilkades dan Pilkada," katanya.

Kepala Satpol PP Bantul Yulius Suharta mengatakan, tugas baru bagi personel Satlinmas Rescue Istimewa dalam menjaga Pilkades dan Pilkada itu seiring dengan perpindahan kewenangan yang tadinya di bawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menjadi di bawah koordinasi institusinya.

"Karena Satlinmas Rescue Istimewa sudah tergabung ke Satpol PP maka ketugasannya juga menyesuaikan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," katanya yang menyebutkan ada sebanyak 99 anggota Satlinmas Rescue Istimewa yang dilimpahkan ke institusinya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024