Rumah Kreatif Yogyakarta akan dilengkapi sarana workshop

id Rumah Kreatif, Yogyakarta,Pasar Prawirotaman

Rumah Kreatif Yogyakarta akan dilengkapi sarana workshop

Suasana di Titik Nol Kilometer Yogyakarta yang menjadi salah satu ikon wisata Kota Yogyakarta (ANTARA/Eka AR)

Yang perlu dipahami adalah, kegiatan kreatif yang nantinya diwadahi di Rumah Kreatif tersebut memiliki cakupan yang luas.

Yogyakarta (ANTARA) - Rumah Kreatif Yogyakarta yang akan dibuka di lantai teratas Pasar Prawirotaman yang masih dalam tahap revitalisasi, tidak hanya akan difungsikan sebagai tempat transaksi produk kreatif tetapi juga dilengkapi sarana “workshop”.

“Yang perlu dipahami adalah, kegiatan kreatif yang nantinya diwadahi di Rumah Kreatif tersebut memiliki cakupan yang luas. Bukan hanya untuk jual beli produk kerajinan tetapi mewadahi kegiatan ekonomi kreatif secara luas, termasuk yang berbasis digital,” kata Kepala Bidang Pengembangan Penataan dan Pendapatan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta Gunawan Nugroho Utomo di Yogyakarta, Senin.

Dengan demikian, lanjut dia, fasilitas yang nantinya bisa diakses oleh pelaku ekonomi kreatif di lantai empat Pasar Prawirotaman tersebut tidak hanya sekadar kios untuk berjualan atau memamerkan produk kreatif saja tetapi ditambah fasilitas pendukung lainnya.

“Misalnya, akan ada semacam studio yang bisa dimanfaatkan untuk proses pengambilan gambar, tempat ‘workshop’ hingga akses internet cepat serta coworking space,” katanya.

Baca juga: 100 perwakilan BUMN kunjungi Rumah Kreatif Sleman

Khusus untuk pelaku kuliner, lanjut Gunawan, akan disiapkan tempat semacam kios untuk berjualan dan diwacanakan memperoleh kartu bukti pedagang karena mereka berjualan di pasar tradisional.

Sedangkan untuk proses pengisian, direncanakan dilakukan melalui seleksi. “Kami sudah melakukan ‘focus group discussion’ untuk memperoleh masukan mengenai pengisian dan pemanfaatan Rumah Kreatif tersebut. Harapannya, industri kreatif di Yogyakarta pun semakin berkembang,” katanya.

Untuk saat ini, proses revitalisasi Pasar Prawirotaman yang didanai melalui dana alokasi khusus dari pemerintah pusat tersebut mencapai 38 persen dan diharapkan pada Juni dapat diselesaikan.

“Pedagang pasar tradisional yang saat ini menempati los sementara, diharapkan bisa kembali menempati pasar setelah pekerjaan fisik selesai,” katanya yang juga membutuhkan waktu untuk serah terima aset dari pusat.

Sementara itu, Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Nugroho Nurcahyo mengatakan, konsep Rumah Kreatif adalah menghubungkan seluruh pelaku ekonomi kreatif dengan menyiapkan fasilitas pendukung seperti studio mini digital, kuliner, kelas yoga, bahkan kafe layak anak.

Baca juga: Disdukcapil Yogyakarta akan lacak 2.000 warga belum rekam data e-KTP

“Dibutuhkan banyak masukan dari pelaku ekonomi kreatif untuk mematangkan rencana pengisian konten dan pemanfaatan Rumah Kreatif Yogyakarta sembari menunggu proses serah terima aset dari pusat. Biasanya, proses serah terima ini yang membutuhkan waktu lama,” katanya.

Sedangkan untuk proses revitalisasi Pasar Prawirotaman yang berada di Jalan Parangtritis Yogyakarta dilakukan sejumlah penyesuaian, di antaranya perwajahan atap, penempatan motif batik, penggunaan tulisan Jawa untuk nama Pasar Prawirotaman, serta penggunaan atap pergola di ruang terbuka.

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar