Hujan angin di Sleman mengakibatkan puluhan pohon tumbang

id Pohon tumbang,Hujan angin,Angin kencang,BPBD Sleman,Kabupaten Sleman

Hujan angin di Sleman mengakibatkan puluhan pohon tumbang

ILustrasi - Petugas kepolisian memotong pohon yang tumbang menimpa mobil, di Jl Ahmad Yani, Padang, Sumatera Barat, Rabu (4/3/2020). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/hp.

Sleman (ANTARA) - Hujan deras disertai angin kencang di sejumlah wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Senin (9/3), pukul 19.00-23.00 WIB mengakibatkan puluhan pohon tumbang dan beberapa di antaranya menimpa rumah warga hingga menyebabkan kerusakan.

"Hujan angin tadi malam hampir terjadi di seluruh wilayah Sleman barat, tengah, maupun timur yang mengakibatkan puluhan pohon tumbang," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Selasa.

Dia mengatakan pohon tumbang tersebut mengakibatkan beberapa rumah rusak dan beberapa akses jalan tertutup akibat batang pohon melintang di ruas jalan.

"Selain itu juga mengakibatkan beberapa jaringan listrik maupun telepon terputus," katanya.

Ia mengatakan beberapa pohon tumbang tersebut saat ini sudah terkondisikan, dan beberapa akses jalan sudah dapat dibuka kembali.

"Sedangkan yang belum terkondisi hari ini akan dilakukan pembersihan oleh potensi relawan lokal bersama BPBD Sleman," katanya.

Untuk rumah yang rusak, BPBD Sleman memberikan bantuan kedaruratan.

"Untuk yang atap rumah rusak, kami beri bantuan tenda untuk menutup sementara, serta bantuan kerja bakti untuk membersihkan puing," katanya.

Kejadian pohon tumbang tersebut meliputi Kecamatan Depok, di Desa Caturtunggal, yakni di Kampung Karangmalang RT03/RW04 Caturtunggal Depok Sleman (Timur Gor Lembah UGM), pohon tumbang menimpa rumah/warung dan jaringan telepon.

Di Desa Condongcatur, Jalan Gambuh RT09/RW64 Condongcatur Depok Sleman, selatan Lapangan Ganjuran pohon tumbang melintang menutup akses jalan dan meimpa jaringan listrik.

Di Kecamatan Prambanan di Desa Gayamharjo, Dusun Kalinongko Kidul, Gayamharjo pohon tumbang menimpa jaringan listrik, di Tirto Gayamharjo pohon jati tumbang melintang di jalan, di Dusun Magersari Gayamharjo pohon tumbang menimpa jaringan listrik dan menutup akses jalan dan tiang listrik roboh.

Di Dusun Magersari, Gambirsawit, Gayamharjo enam pohon tumbang melintang di jalan dan menimpa jaringan listrik. Kabel putus, di Dusun Lemahbang, Gayamharjo pohon jati menimpa rumah Rubiyem.

Di Desa Bokoharjo, Prambanan di Dusun Bendan R 05/RW24 Bokoharjo, pohon tumbang menimpa jaringan listrik dan tiang listrik roboh, di Dusun Cepit Bokoharjo pohon jati tumbang memutus jaringan listrik, di Dusun Pleret RT5/RW10 Bokoharjo pohon randu tumbang ke arah utara dan menimpa kandang kambing dan pagar halaman warga atas nama Sugeng.

Pohon tumbang di Kecamatan Berbah meliputi Desa Jogotirto pohon talok menutup akses jalan alternatif Jalan Berbah-Piyungan Karangan Jogotirto, Berbah, Sleman, pohon jati menimpa jaringan listrik, pohon munggur tumbang menutup akses jalan Kranggan 1 Jogotirto, Berbah dan di Desa Tegaltirto, Berbah pohon Jati tumbang menutup akses jalan Desa Semoya Tegaltirto, Berbah, Sleman.

"Selain itu pohon tumbang juga terjadi di beberapa titik di Kecamatan Moyudan, Desa Sumberarum dan Desa Sumberrahayu. Di Kecamatan Gamping dan Kecamatan Godean," katanya.


 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024