Peringatan Harganas, Bantul targetkan pasang kontrasepsi 1.400 akseptor

id Peringatan Harganas,Bantul targetkan pasang kontrasepsi,kontrasepsi 1.400 akseptor peringatan Harganas,peringatan Hargan

Peringatan Harganas, Bantul targetkan pasang kontrasepsi 1.400 akseptor

Bupati Bantul Suharsono dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bantul Sri Nuryanti dalam peringatan Harganas ke 27 di Bantul. (Foto Humas Bantul)

Kegiatan ini sebelumnya sudah kami sosialisasikan ke semua desa agar target 1.400 itu bisa terpenuhi, untuk yankes (pelayanan kesehatan) kita fokuskan di belakang PMB (Praktek Mandiri Bidan) Poskes TNI Kartika belakang Koramil Sewon.
Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan kegiatan Pelayanan Program Keluarga Berencana dengan menargetkan pemasangan alat kontrasepsi sekitar 1.400 akseptor dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tingkat Kabupaten Bantul.

"Kegiatan dalam Harganas ini konsepnya adalah pemasangan alat kontrasepsi, dan di Bantul mendapatkan target 1.400 akseptor," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bantul Sri Nuryanti di Bantul, Senin.

Menurut dia, jenis pelayanan program KB yang diberikan dalam kegiatan Harganas ini adalah implan, suntik, IUD dan Co kemudian pil. Oleh karena itu, setiap pemerintah desa di seluruh Bantul harus mengajukan nama-nama calon akseptor untuk beberapa jenis alat kontrasepsi tersebut.

Baca juga: Pemkab Bantul fasilitasi masyarakat mengakses program Kartu Prakerja

"Kegiatan ini sebelumnya sudah kami sosialisasikan ke semua desa agar target 1.400 itu bisa terpenuhi, untuk yankes (pelayanan kesehatan) kita fokuskan di belakang PMB (Praktek Mandiri Bidan) Poskes TNI Kartika belakang Koramil Sewon," katanya.

Bupati Bantul Suharsono dalam sambutan peringatan Harganas di Bantul mengatakan, di tengah pandemi COVID-19 ini hendaknya keluarga Indonesia bersama seluruh anggota keluarga dapat saling menguatkan, serta bahu membahu melalui masa krisis, dengan menyatukan gerak langkah membangun keluarga berkualitas.

"Sehingga kesejahteraan keluarga dapat tetap terjaga melalui partisipasi aktif seluruh anggota keluarga menjadi keluarga Indonesia yang sehat, mandiri dan sejahtera," katanya.

Baca juga: Dinkes Bantul minta masyarakat tetap waspadai kasus DBD

Disamping itu, kata dia, perlunya memerankan stakeholder dan tokoh masyarakat dalam pembangunan keluarga, meningkatkan kepedulian keluarga Indonesia dalam membangun keluarga berkualitas dan meningkatkan jangkauan, sasaran Petugas Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Adapun kegiatan yang dilaksanakan secara serentak pada hari ini, Senin 29 Juni 2020 berupa Pelaksanaan Pelayanan KB dengan tetap memperhatikan kualitas pelayanan, kondisi zona wilayah, dan protokol pelayanan pada masa pendemi wabah COVID-19.

Sasaran pelayanan berupa KB Baru, KB Ulangan dan KB Ganti Cara, dengan target tingkat nasional sebanyak 1.381.142 akseptor, tingkat DIY sebanyak 8.150 akseptor, dan tingkat Kabupaten Bantul sebanyak 1.469 akseptor.

Bupati mengatakan, Peringatan Harganas 2020 diharapkan dapat menjadi momentum penting untuk mengingatkan kembali pentingnya peran keluarga dalam menciptakan ketahanan keluarga melalui peningkatan kualitas interaksi antar anggota keluarga.

"Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam pelaksanaan program dan kegiatan ini, semoga gerak langkah kita mempercepat terwujudnya masyarakat Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera," katanya.
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar