Bournemouth menaklukkan Leicester City 4-1

id bournemouth,leicester,liga inggris,dominic solanke,junior stanislas,jonny evans,jamie vardy

Bournemouth menaklukkan Leicester City 4-1

Penyerang Bournemouth Dominic Solanke (kiri) menaklukkan kiper Leicester City Kasper Schmeichel untuk mencetak gol keempat timnya dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton karena pandemi COVID-19 di Stadion Vitality, Bournemouth, Inggris, Minggu (12/7/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Andrew Couldridge)

Jakarta (ANTARA) - Bournemouth menghidupkan asa menghindari degradasi musim ini setelah melumat tamunya Leicester City dengan skor 4-1 dalam laga pekan ke-35 Liga Inggris tanpa penonton karena pandemi COVID-19 di Stadion Vitality, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Jamie Vardy, Bournemouth bangkit meraih kemenangan perdana mereka dalam 10 pertandingan terakhir disokong penalti Junior Stanislas, dwigol Dominic Solanke serta gol bunuh diri Jonny Evans.

Kemenangan itu membuat tim besutan Eddie Howe kembali merestorasi posisi mereka di urutan ke-18 dengan koleksi 31 poin, setelah sempat digusur oleh Aston Villa (30) beberapa jam sebelumnya, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.



Sayangnya, kemenangan yang diraih dua tim di atas mereka, West Ham United (34) dan Watford (34) sehari sebelumnya membuat Bournemouth masih membutuhkan setidaknya empat poin untuk mengentaskan diri dari zona degradasi.

Sementara itu bagi Leicester (59) kekalahan itu membuat mereka gagal memanfaatkan kekalahan Chelsea (60) sehari sebelumnya dan tertahan di urutan keempat, bahkan terancam terlempat dari empat besar jika Manchester United (58) menang besok.

Leicester harus kehilangan Marc Albrigthon karena cedera pada saat laga baru berjalan 16 menit setelah didorong jatuh oleh Solanke dan ia terpaksa meninggalkan lapangan digantikan oleh Ryan Bennett.

Kendati demikian anak-anak asuh Brendan Rodgers tampak tetap menjanjikan bahkan berhasil membuka keunggulan pada menit ke-23 ketika Kelechi Iheanacho sukses memperdaya kiper Aaron Ramsdale lewat tendangan lob.

Bola berusaha disapu oleh Dan Gosling dan Lloyd Kelly, tetapi Vardy berhasil lebih cepat menyonteknya ke dalam gawang dan membawa tim tamu unggul.

Leicester berpeluang menggandakannya tetapi tembakan Iheanacho masih bisa diselamatkan Ramsdale dan sepakan Vardy membentur Nathan Ake sebelum melambung di atas mistar gawang.

Upaya hadangan Ake tersebut membuat bek Belanda itu cedera dan harus keluar lapangan digantikan Steve Cook, dan situasi nampak memburuk bagi tuan rumah.



Akan tetapi mereka justru berhasil mengancam gawang Leicester ketika Solanke mengirim umpan tumit yang diselesaikan tembakan keras David Brooks, tetapi kiper Kasper Schmeichel berhasil menghalaunya demi menjaga keunggulan tim tamu hingga aba-aba istirahat.

Tertinggal dua gol, Howe memutuskan melakukan dua pergantian pemain yakni Stanislas untuk Arnaud Danjuma dan Philip Billing untuk Gosling ketika memasuki babak kedua.

Keunggulan Leicester masih tampak terjaga hingga tiba-tiba Schmeichel melakukan blunder ketika umpannya mengenai punggung Wilfried Ndidi. Bola dikuasai Callum Wilson yang menerobos ke kotak penalti dan terpaksa dijatuhkan Ndidi sehingga wasit segera menunjuk titik putih.

Kesempatan itu dimanfaatkan sempurna oleh Stanislas yang berhasil menipu Schmeichel untuk mencetak gol dan menyamakan kedudukan pada menit ke-65.

Dua menit kemudian Solanke berhasil membawa Bournemouth berbalik unggul 2-1 ketika ia berhasil mengejar umpan Wilson dan menyelesaikannya dengan tembakan mendatar yang memperdaya Schmeichel.

Gol itu jadi gol perdana Solanke untuk Bournemouth dalam dua musim sejak didatangkan dari Liverpool.

Selebrasi gol itu juga berbuntut kartu merah untuk Caglar Soyuncu lantaran ia terlibat cekcok dengan Wilson di dalam gawang. Leicester terpaksa menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain setelah VAR mengkonfirmasi aksi tidak terpuji Soyuncu.



Keunggulan jumlah pemain sukses dimanfaatkan oleh Bournemouth dan pada menit ke-83 Stanislas melakukan tusukan sebelum melepaskan tembakan keras yang membentur badan Evans dan bersarang ke gawang Leicester sebagai gol bunuh diri tim tamu. Bournemouth tiga, Leicester satu.

Empat menit berselang, lini belakang Leicester kembali melakukan blunder. Kali ini umpan Christian Fuchs terlalu lemah dan bisa direbut oleh Solanke, yang lantas melewati hadangan Bennett sebelum melepaskan tembakan kaki kiri yang menaklukkan Schmeichel dan menambah keunggulan Bournemouth jadi 4-1 atas Leicester.

Bournemouth memperoleh dua peluang lagi untuk menambah marjin kemenangan mereka tetapi tembakan dan sundulan Surridge melenceng dari sasaran, tetapi Howe tentu cukup puas dengan raihan tiga poin dari laga tersebut.

Di laga pekan ke-36 Bournemouth menghadapi tantangan berat dalam perjuangannya menghindari degradasi sebab harus menyambangi markas Manchester City pada Rabu (15/7) waktu setempat, sehari sebelum Leicester menjamu Sheffield United di Stadion King Power.



Susunan pemain:

Bournemouth (4-4-2): Aaron Ramsdale; Jack Stacey, Nathan Ake (Steve Cook), Lloyd Kelly, Diego Rico; David Brooks (Lewis Cook), Dan Gosling (Philip Billing), Jefferson Lerma, Arnaut Groeneveld (Junior Stanislas); Dominic Solanke, Callum Wilson (Sam Surridge)
Pelatih: Eddie Howe

Leicester City (3-4-1-2): Kasper Schmeichel; James Justin, Jonny Evans, Caglar Soyuncu; Marc Albrighton (Ryan Bennett), Wilfried Ndidi, Youri Tielemans, Christian Fuchs; Ayoze Perez (Harvey Barnes); Kelechi Iheanacho (Dennis Praet), Jamie Vardy
Pelatih: Brendan Rodgers
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024