Kevin Julio: Anak muda mulai peduli isu lingkungan

id kevin julio,daur ulang,sustainability,sampah,pengelolaan sampah

Kevin Julio: Anak muda mulai peduli isu lingkungan

Selebritas Kevin Julio. (Instagram/kevinjulio1993)

Langkah seperti ini bisa menjadi inspirasi anak muda untuk Bumi yang lebih hijau.
Jakarta (ANTARA) - Selebritas Kevin Julio mengatakan bahwa kini masyarakat terutama kalangan muda telah mulai peduli dengan isu lingkungan. Menurutnya, banyak anak muda yang sudah menerapkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan (green lifestyle).

"Langkah seperti ini bisa menjadi inspirasi anak muda untuk Bumi yang lebih hijau," kata Kevin dalam jumpa media secara daring, Kamis.

Pria yang juga memiliki hobi riding atau touring dengan sepeda motor itu menambahkan, ketika ia sedang melakukan hobinya tersebut dan melewati jalanan, masyarakat di sekitarnya cenderung menyadari pentingnya menjaga lingkungan.

"Sekarang, sedikit ada perubahan. Ketika riding, ada event juga kayak kesadaran lingkungan, dan semakin lama, hal itu memang dilakukan oleh masyarakat sekitarnya," kata Kevin.

Baca juga: DPRD DIY berharap ada terobosan pengentasan kemiskinan di DIY

Ia menambahkan, dirinya juga mulai menerapkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Dimulai dari membawa perlengkapan makan dan minum sendiri. Selain itu, dia juga menerapkan gaya hidup berkelanjutan (sustainable) hingga memilah sampah sesuai kategorinya.

"Di rumah sudah mulai menerapkan untuk membagi tempat sampah organik dan nonorganik. Pemilahan ini langkah kecil namun penting," kata aktor pemeran Tristan di serial "Ganteng Ganteng Serigala" (2014) itu.

"Selain itu ketika belanja juga bawa tas belanja sendiri, dan ketika lagi syuting bawa alat makan sendiri yang dari bambu atau stainless steel. Itu hal yang aku kira cukup untuk menginspirasi teman-teman yang lain yang belum memulai," ujarnya menambahkan.

Baca juga: DLH: 20 persen bank sampah di Kota Yogyakarta belum optimal

Ketika disinggung mengenai peran masyarakat dan anak muda untuk berkontribusi pada lingkungan, Kevin mengingatkan bahwa semua langkah kecil tersebut perlu diapresiasi. Seperti memilah sampah, yang nantinya bisa berguna untuk kemudian didaur ulang, dikelola, dan terjadi perputaran ekonomi.

"Terkadang kita melupakan langkah-langkah kecil dalam menghadapi permasalahan sampah plastik di Indonesia. Setidaknya kalau kita paham mengenai daur ulang, mimpi tentang menciptakan lingkungan yang lebih baik bisa lebih cepat kita capai," pungkas Kevin.
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024