Warga kecewa, Anjungan Pantai Losari Makassar ditutup

id Anjungan Pantai losari ditutup, dilarang masuk, pencegahan pencegahan penyebaran COVID-19, malam tahun baru, pengunjung

Warga kecewa, Anjungan Pantai Losari Makassar ditutup

Sejumlah pengunjung duduk di samping spanduk larangan dan penutupan area publik Anjungan Pantai Losari saat detik-detik perhatian tahun 2021 ke 2022 di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (1/1/2022). ANTARA/Darwin Fatir.

Makassar (ANTARA) - Ratusan warga Kota Makassar, Sulawesi Selatan yang hendak menuju ke area publik Anjungan Pantai Losari untuk merayakan detik-detik pergantian tahun 2021 ke 2022 harus mengurut dada dan kecewa karena lokasi destinasi tersebut ditutup hingga 1 Januari 2022.

"Dilarang masuk, kita diminta tidak boleh masuk ke area Anjungan Losari, ada Satpol PP yang berjaga di dalam, katanya tidak boleh ada yang masuk, sudah ada aturannya, " tutur Arfandi, salah seorang pengunjung saat ditolak petugas, Sabtu dini hari.

Ia mengatakan tidak tahu ada peraturan larangan masuk ke icon destinasi ruang terbuka Makassar itu. Padahal, ia bersama keluarganya jauh datang dari Kabupaten Bone berharap bisa menikmati malam tahun baru di Anjungan Pantai Losari.

"Mudah-mudahan tahun depan pandemi COVID-19 bisa berakhir dan kita bisa menikmati malam pergantian tahun seperti sebelum-sebelumnya," harapnya.

Hal senada disampaikan Rahmawati. Ia bersama pasangannya juga diminta tidak masuk ke Anjungan Losari karena sudah ada aturan dari Pemerintah Kota tentang pengendalian COVID-19.

"Kata petugasnya, nanti tanggal 2 baru bisa dibuka kembali. Tadi baru mau masuk tapi disuruh keluar Satpol PP, " katanya.

Kepala UPT Anjungan Pantai Losari, Nurul Akbar Nur, menegaskan, larangan beraktivitas sementara di Anjungan Losari sesuai perintah yang termaktub dalam Surat Edaran Wali kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto nomor 443.01/669/ S.Edar/ Kesbangpol/ XII/2021 ter tanggal 15 Desember 2021.

"Surat edaran tersebut tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 saat Natal 2021 dan Tahun baru 2022. Makanya ditutup sementara agar tidak terjadi kerumunan," kata Akbar.
 

Suasana penutupan area publik Anjungan Pantai Losari saat detik-detik perhatian tahun 2021 ke 2022 di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (1/1/2022). ANTARA/Darwin Fatir.

 

Dari pantauan, seluruh penerangan di ruang publik tersebut sengaja dimatikan. Akses jalan masuk pun ditutup portal dengan dijaga petugas Satuan Polisi Pamong Praja disiagakan untuk menghalau pengunjung yang ingin masuk sampai tanggal 1 Januari 2022.

Perayaan tahun baru di lokasi tersebut juga di warnai hujan deras, para pengunjung yang tadinya memadati sepanjang Jalan Penghibur berhamburan mencari tempat bernaung. Arus jalan terpantau tergenang air hingga mata kaki orang dewasa

Kebijakan penutupan Anjungan Losari dan pusat Kuliner Lego-lego di area Reklamasi Central Poin of Indonesia (CPI) juga ditutup sementara agar tidak menimbulkan keramaian serta mencegah kerumunan di saat libur dan perayaan pergantian tahun baru di tengah pandemi COVID-19.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Moh Ramdan Pomanto telah menegaskan euforia perayaan malam Tahun Baru di sejumlah ruang publik baik di Anjungan Losari dan Lego-lego dilarang sesuai surat edaran. Begitu pula konvoi kendaraan dan pesta kembang api ikut dilarang.

"Masyarakat diimbau untuk merayakan tahun baru di rumah saja. Ini demi sama-sama mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19, apalagi sudah ada masuk varian baru Omicron," katanya.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024