Dinkes Gunung Kidul menjadwalkan vaksinasi dosis ketiga pada Jumat

id vaksinasi COVID-19,Gunung Kidul,Dinkes Gunung Kidul

Dinkes Gunung Kidul menjadwalkan vaksinasi dosis ketiga pada Jumat

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty. (ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster akan dilaksanakan mulai Jumat (14/1) dengan sasaran lansia, masyarakat rentan hingga petugas publik.

"Berdasarkan rapat koordinasi terakhir dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga rencana Jumat (14/1) yang dipusatkan di Dinkes Gunung Kidul," kata Kepala Dinkes Gunung Kidul Dewi Irawaty di Gunung Kidul, Rabu.

Ia mengatakan alasan pelaksanaan booster tidak hari ini,karena masih dalam tahap pendataan penerimaan suntikan dosis ketiga. Selain itu, peluncuran booster hari ini baru di lingkup pemerintah pusat.

Pelaksanaan vaksinasi booster pada Jumat (14/1) akan menyasar mulai kategori lansia hingga petugas publik. Selain itu, yang boleh mendapatkan suntikan adalah masyarakat dengan kategori tersebut yang sudah mendapatkan suntikan pertama jenis vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

"Sasarannya lansia, masyarakat rentan dan petugas publik tapi diutamakan lansia dulu. Terus yang boleh dibooster yang vaksin pertamanya jenis Sinovac dan AstraZeneca," kata Dewi.

Terlepas dari hal tersebut, Dewi mengaki antusiasme calon penerima booster di Gunung Kidul tinggi. Oleh sebab itu, pihaknya akan membuka pendaftaran di Dinkes dan menggelar vaksinasi dosis ketiga setiap Jumat. Selain itu, untuk pendaftaran bisa di Dinkes. Selanjutnya, rencanakan ada booster tiap Jumat. Untuk kuota menyesuaikan ketersediaan vaksin.

"Karena kick off baru 150 kuotanya dan sudah banyak yang daftar langsung lewat teman-teman, pendaftar diutamakan lansia," katanya.

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022