Dinas Kebudayaan Sleman gelar Festival Kethoprak

id Dinas Kebudayaan Sleman ,Kabupaten Sleman ,Festival Kethoprak Sleman ,Keistimewaan DIY ,Sleman ,Kethoprak

Dinas Kebudayaan Sleman gelar Festival Kethoprak

Ilustrasi - Pemkab Sleman bersama Bea Cukai Yogyakarta menggelar sosialisasi cukai rokok lewat pementasan kesenian ketoprak. ANTARA/HO-Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman menyelenggarakan Festival Kethoprak 2022 dalam rangka peringatan Satu Dasawarsa Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta "Kaistimewaan Suluhing Peradaban".

"Festival Kethoprak Kabupaten Sleman ini digelar mulai 10 Agustus hingga 19 Agustus 2022 di Gedung Kesenian Sleman," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Edy Winarya di Sleman, Kamis.

Menurut dia, pelaksanaan Festival Kethoprak Kabupaten Sleman ini menjadi kesempatan untuk semakin memperkenalkan kebudayaan kethoprak kepada masyarakat.

Baca juga: 17 grup bersaing dalam festival ketoprak Sleman

"Festival Kethoprak Kabupaten Sleman ini juga memberikan ruang gerak seniman dalam berekspresi serta menemukan bibit unggul baru di dunia kesenian," katanya.

Ia mengatakan, Festival Kethoprak Kabupaten Sleman ini diikuti oleh peserta yang berasal dari 17 kapanewon (kecamatan) dengan usia maksimal 40 tahun.

"Sehingga, kami harap kegiatan ini dapat menjadi sarana pembelajaran, hiburan serta menjadi kesempatan untuk menemukan bibit unggul baru di bidang kethoprak," katanya.

Edy mengatakan, untuk juri, Dinas Kebudayaan Sleman melibatkan tokoh-tokoh dari unsur budayawan, seniman, serta praktisi.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo pada pembukaan Festival Kethoprak Kabupaten Sleman, Rabu (10/8) malam mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi bagian dari peringatan Satu Dasawarsa Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, yang juga dilaksanakan kabupaten dan kota di DIY.

Menurut Bupati, kegiatan ini dapat menjadi jalan untuk menemukan potensi seniman handal, khususnya di Kabupaten Sleman.

Selain itu, dengan diadakan Festival Kethoprak, sekaligus menjadi upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan, sehingga, Bupati berharap dukungan berbagai pihak untuk terus melestarikan kegiatan tersebut.
 
Baca juga: Pedagang pasar tradisional Yogyakarta akan pentaskan ketoprak
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dinas Kebudayaan Sleman selenggarakan Festival Kethoprak
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024