Lapangan futsal jadi simbol persahabatan RI-Kepulauan Solomon

id Kepulauan Solomon,kawasan pasifik,kerja sama Indonesia Kepulauan Solomon,menlu retno marsudi

Lapangan futsal jadi simbol persahabatan RI-Kepulauan Solomon

Menlu RI Retno Marsudi (kiri) melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare (kanan) di Honiara, Rabu (7/9/2022). (ANTARA/HO-Kemlu RI)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa pembangunan Friendship Hall berupa lapangan futsal multiguna, yang merupakan hibah dari pemerintah Indonesia kepada rakyat Kepulauan Solomon, menunjukkan persahabatan kedua negara.

Di sela-sela kunjungannya ke Kepulauan Solomon, Rabu, Retno telah menyerahkan proyek kerja sama pembangunan tersebut yang akan digarap oleh BUMN Indonesia PT Wijaya Karya.

“Lapangan futsal ini memiliki makna persahabatan antara rakyat Indonesia dan Kepulauan Solomon karena dikerjakan bersama oleh putra-putri Indonesia dan putra-putri Kepulauan Solomon,” kata Retno dalam salinan paparan pers yang dirilis Kemlu RI, Rabu.

Proyek tersebut juga menyimbolkan harapan dan optimisme karena dibangun pada masa pandemi COVID-19, katanya.

Melalui pembangunan lapangan futsal tersebut, Indonesia ingin kemitraan dengan Kepulauan Solomon serta negara lain di kawasan Pasifik menjadi kesempatan untuk membangun masa depan bersama melalui kerja sama yang didasari rasa saling percaya dan saling menghormati.

“Kemitraan ini penting untuk diterjemahkan dalam kerja sama konkret, termasuk kerja sama pembangunan,” ujar Retno.

Prioritas kerja sama pembangunan yang dibahas antara pemerintah Indonesia dan Kepulauan Solomon antara lain di bidang perubahan iklim dan perikanan. Kedua pihak juga sepakat untuk merancang sebuah cetak biru (blueprint) agar kerja sama bilateral lebih terarah.

Indonesia dan Kepulauan Solomon telah menandatangani Framework for Development Cooperation pada 2019, yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan cetak biru yang dimaksud.

Di bidang ekonomi, Menlu Retno telah menawarkan keahlian sektor swasta dan BUMN Indonesia agar dapat berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi, termasuk pembangunan infrastruktur di Kepulauan Solomon.


Pertemuan bilateral antara delegasi Indonesia yang dipimpin Menlu Retno Marsudi dan delegasi Kepulauan Solomon yang dipimpin Menlu Jeremiah Manele di Honiara pada Rabu (7/9/2022). (ANTARA/HO-Kemlu RI)


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Retno: Lapangan futsal jadi simbol persahabatan RI-Kepulauan Solomon

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024