Widya Herbal kembangkan scan lidah dalam aplikasi layanan kesehatan

id herbal,lidah

Widya Herbal kembangkan scan lidah dalam aplikasi layanan kesehatan

Widya Herbal Indonesia mengembangkan fitur scan lidah untuk mendeteksi masalah kesehatan (ANTARA/HO-WHI)

Yogyakarta (ANTARA) - Widya Herbal Indonesia mengembangkan fitur scan lidah dalam aplikasi layanan kesehatannya dengan memanfaatkan Artificial Intellegence (AI) untuk mendeteksi masalah kesehatan.

"Bagian lidah yang dilihat untuk mendeteksi permasalahan kesehatan adalah warna lidah dan nodul atau papila," ujar Risa Umari Yuli Aliviyanti, Chief Product Officer (CPO) Widya Herbal Indonesia.

Menurut dia, adanya perubahan warna pada lidah dapat menjadi awal gejala dari suatu penyakit. Hal ini perlu dipantau dan dievaluasi mendalam oleh tim medis profesional secara online.

Tekstur umum lidah bervariasi antarindividu tergantung dengan keadaan kesehatan pasien tersebut. Hal ini dapat menjadi dasar identifikasi kondisi medis.

"Keuntungan menggunakan sidik lidah dibandingkan sistem biometrik lainnya seperti sidik jari, penginderaan suara, maupun pemindaian retina adalah tekstur dan bentuk fisiologis lidah tetap konstan dan aman dari kerusakan akibat pengaruh eksternal," kata Risa.

Pengecekan lidah sudah lama dijadikan sebagai metode pengecekan kesehatan. Pengecekan ini diadaptasi dari praktik pengobatan Tiongkok untuk mengukur tingkat kesehaan melalui analisis kondisi lidah.

Kini, untuk dapat mengetahui tingkat kesehatan melalui pengecekan lidah tidak harus mendatangi pusat kesehatan tertentu maupun tenaga kesehatan tertentu.

Layanan scan lidah ini hanya tersedia di aplikasi Telemedicine Widya Herbal Indonesia yang dapat diunduh gratis di Playstore maupun Appstore. Aplikasi Telemedicine ini merupakan layanan kesehatan di mana pasien dapat berinteraksi dengan dokter melalui smart phone secara gratis.

"Kami menyediakan layanan konsultasi gratis melalui aplikasi Widya Herbal yang dapat diunduh melalui Playstore maupun Appstore,” ujar Aries Ikawati Arifah, Chief Executive Officer (CEO) Widya Herbal indonesia.

Layanan ini sangat membantu pesepeda dalam ajang Il Festino 2022 yang digelar di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta Minggu (25/9). Aktivitas bersepeda merupakan latihan kardiovaskular yang efektif melatih kerja jantung, paru-paru, dan memperlancar sistem pembuluh darah.

"Otot-otot tubuh juga semakin aktif apabila rutin bersepeda," kata Aries.

Kebutuhan untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan jantung, paru-paru, dan sistem pembuluh darah tidak hanya dari luar melalui aktivitas bersepeda saja, namun juga dari dalam.

Produk Widya Herbal Indonesia yang dapat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan organ pesepeda dari dalam adalah produk Visuddha Baddhana dan Prascitta.

Visuddha Baddhana dengan kandungan jamur cordyceps, ginseng, dan sarang walet mampu mengatasi berbagai masalah pernafasan seperti infeksi, peradangan, serta menjaga kebugaran dan stamina tubuh.

Prascitta membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah karena kandungan asam amino dalam gamat emas dan ikan gabus mampu memicu perbaikan sel dan pertumbuhan sel-sel baru. Selain itu, aliran darah juga akan lebih mudah mengalir karena kandungan purwaceng yang ada dalam Prascitta.

"Teknologi nano yang diformulasikan dalam produk Widya Herbal diharapkan mampu meningkatkan penyerapan obat dalam tubuh hingga 80 persen," katanya.