KPU Gunungkidul : 362 calon anggota PPK lolos seleksi administrasi

id Seleksi PPK,Pemilu 2024,KPU Gunungkidul ,Gunungkidul

KPU Gunungkidul : 362 calon anggota PPK lolos seleksi administrasi

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani. (ANTARA/Sutarmi)

Gunungkidul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyebutkan sebanyak 362 dari 383 pendaftar calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) lolos seleksi administrasi untuk pelaksanaan Pemilihan Umum 2024.

Anggota KPU Gunungkidul Supami di Gunungkidul, Senin, mengatakan jumlah pendaftar panitia pemilihan kecamatan (PKK) pada 20-29 November 2022 sebanyak 383 pendaftar, sedangkan yang lolos seleksi administrasi hanya 362 pendaftar.

"Calon PPK yang lolos seleksi administrasi didominasi laki-laki sebanyak 236 orang, sedangkan sisanya perempuan sebanyak 126 orang," kata Supami.

Ia mengatakan calon anggota PPK yang lolos seleksi administrasi berasal dari 18 kecamatan. Jumlah pendaftar yang paling banyak di Kecamatan Wonosari sebanyak 46 orang, sedangkan jumlah pendaftar paling sedikit di Kecamatan Tepus sebanyak 10 orang.

"Calon anggota PPK yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi tes tertulis. Tes ini berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT)," katanya.

Supami mengatakan pelaksanaan tes berbasis komputer akan berlangsung pada Selasa (6/12) pukul 14.00 WIB di SMK Negeri 2 Wonosari. Ada tiga materi yang akan diujikan, antara lain pengetahuan kebangsaan, kompetensi dasar, dan pengetahuan kepemiluan.

"Semoga calon anggota PPK yang lolos sesuai harapan," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan PPK merupakan bagian dari badan ad hoc. Mereka akan membantu proses pelaksanaan Pemilu 2024.

Ia mengatakan jumlah PPK yang dibutuhkan sebanyak 90 orang untuk 18 kecamatan di Gunungkidul. Rinciannya adalah lima orang PPK di tiap kecamatan.

Ada sejumlah tahapan seleksi yang harus dilewati calon PPK. Mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi tertulis, hingga wawancara.

"Proses seleksi ini melibatkan masukan dari masyarakat, hingga akhirnya hasil seleksi diumumkan dan PPK ditetapkan," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024