Untuk tingkatkan minat baca, Perpusda gelar wayang golek

id Perpusda Kudus gelar pertunjukan wayang golek, tingkatkan minat baca

Untuk tingkatkan minat baca, Perpusda gelar wayang golek

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus Sancaka Dwi Supani tengah memainkan dua wayang golek saat acara "car free day" di Alun-alun Kudus, Jawa Tengah, Ahad (11/12/2022). Pentas seni tersebut dalam rangka menarik minat pengunjung membaca buku. (FOTO ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.)

Kudus, Jateng (ANTARA) - Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menggelar pertunjukan wayang golek dan seni tari di Alun-alun Kudus saat "car free day" atau hari bebas kendaraan bermotor untuk menjaring pengunjung untuk mau membaca koleksi buku yang dimiliki, Ahad.

Pertunjukan wayang golek dan seni tari di Alun-alun Kudus tersebut, mampu menarik perhatian masyarakat yang tengah berolahraga maupun sekadar jalan-jalan. Bahkan, ada yang mendatangi mobil perpustakaan keliling untuk meminjam buku.

Muhammad Fahmi Idam, salah seorang pengunjung di Kudus, mengakui di rumah memang jarang membaca buku, namun melihat ada perpustakaan keliling di Alun-alun Kudus timbul niat meminjam buku.

"Kebetulan saya menyukai buku bacaan tentang cerita rakyat. Kelihatannya di perpustakaan sekolah juga tidak ada," kata pelajar yang masih duduk di bangku SD kelas 7.

Empat temannya yang lain juga diajak meminjam buku sebelum jalan-jalan di Alun-alun Kudus.

Selain anak-anak yang datang meminjam buku, tampak ibu-ibu serta ada pula ibu-ibu menggendong balitanya meminjamkan buku cerita bergambar.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus Sancaka Dwi Supani mengakui setiap acara "car free day" memang hadir untuk menjaring masyarakat yang berkeinginan membaca.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Minat baca di Kudus-Jateng ditingkatkan lewat pertunjukan wayang golek
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024