Perusahaan tambang diajak latih pemuda di BPVP

id Menaker, ajak, perusahaan, tambang, Sultra, dukung, pelatihan, kendari, BPVP

Perusahaan tambang diajak latih pemuda di BPVP

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI Ida Fauziyah saat diwawancara di sela kunjungan kerjanya di BPVP Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (15/2/2023). ANTARA/Harianto

Kendari (ANTARA) - Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah mengajak sejumlah perusahaan atau industri pertambangan di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara agar mendukung pelatihan tenaga kerja di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari.

Menaker mengapresiasi dua industri tambang nikel PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS) yang beroperasi di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, telah menghibahkan tujuh unit alat berat yang akan digunakan sebagai alat pelatihan di BPVP Kendari.

"Kita berterima kasih kepada PT VDNI dan PT OSS dan yang telah menghibahkan tujuh unit alat berat, kita berharap perusahaan industri yang lain juga melakukan hal yang sama," kata Ida Fauziyah di sela melakukan kunjungan kerja di Kendari, Kamis.

Menaker berharap langkah yang dilakukan dua perusahaan tersebut juga dilakukan oleh perusahaan tambang lainnya yang ada di Sulawesi Tenggara, sehingga berkontribusi bagi pemerintah dalam menciptakan tenaga kerja yang terampil dan kompeten kasusnya di dunia pertambangan.

"Jadi saya kira masih banyak perusahaan-perusahaan yang ada di Sultra ini yang saya ajak juga untuk bersama-sama bisa juga mendukung pelatihan di BPVP Kendari," ujar Menaker Ida Fauziyah.

Menurut Menaker, peningkatan skil bagi para calon angkatan kerja sangatlah penting utamanya bagaimana cara menggunakan, mengoperasikan serta memperbaiki alat-alat berat yang digunakan di perusahaan-perusahaan tambang dan perindustrian.

"Semakin banyak traning center, semakin banyak kesempatan pelatihan itu kita berikan, maka semakin mengurangi kesenjangan mismacth (ketidakcocokan) itu bisa kita urai," jelas Menaker Ida Fauziyah.


 
Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI Ida Fauziyah (tengah), Kepala BPVP Kendari La Ode Haji Polondu saat kunjungan kerja di BPVP Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (15/2/2023). ANTARA/Harianto



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menaker ajak perusahaan tambang di Sultra dukung pelatihan di BPVP
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024