Pemkab Gunungkidul pastikan stok pupuk bersubsidi aman hingga akhir 2023

id Pupuk bersubsidi,Gunungkidul ,Dinas Pertanian dan Pangan

Pemkab Gunungkidul pastikan stok pupuk bersubsidi aman hingga akhir 2023

Bupati Gunungkidul Sunaryanta tinjau gudang pupuk. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan stok pupuk bersubsidi untuk petani di wilayah ini aman hingga akhir 2023.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, Selasa, mengatakan pada awal musim tanam pihaknya memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi.

"Pada 2023, pupuk bersubsidi hanya terdiri atas dua jenis yakni Urea dan NPK. Alokasi pupuk bersubsidi 2023 meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Urea mencapai 23.534 ton sementara NPK 12.102 ton,” kata Sunaryanta.

Ia mengajak seluruh pihak ikut mengawasi distribusi pupuk bersubsidi agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dalam sidak tersebut Bupati juga mengumpulkan distributor pupuk bersubsidi.

“Kami juga tanyakan kendala apa yang membuat masyarakat kesulitan mendapatkan pupuk, menurut penuturan distributor salah satunya masih kesulitan menggunakan aplikasi,” katanya.
 

Menurutnya, pemerintah memberikan pupuk bersubsidi kepada para petani dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional, kemudian dalam pendistribusiannya petani harus terdaftar dan memiliki Kartu Tani yang terintegrasi dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

"Kami berupaya keras berkomunikasi dengan pusat untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, tahun ini jumlah lebih banyak dari tahun lalu. Ini salah satu komitmen Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam membantu kesejahteraan petani," katanya.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Raharjo Yuwono mengatakan realisasi penyaluran pupuk bersubsidi hingga Februari 2023 untuk Urea mencapai 1.355 ton atau 6 persen. Sementara untuk NPK mencapai 1.163 ton atau 10 persen.

“Untuk stok di gudang untuk Urea saat ini 1.332 ton sementara NPK 770 ton,” katanya.

Dalam memastikan stok pupuk tersebut Bupati melakukan kunjungan dua distributor di wilayah Kapanewon/Kecamatan Playen dan Gedangsari.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Gunungkidul jamin stok pupuk bersubsidi aman hingga akhir 2023
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024