KPU Gunungkidul menambah tim antisipasi penumpukan pendaftaran caleg

id KPU Gunungkidul ,Pemilu 2024

KPU Gunungkidul menambah tim antisipasi penumpukan pendaftaran caleg

Pendaftaran caleg di KPU Gunungkidul. (ANTARA/Sutarmi)

Gunungkidul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan tambahan tim dan ruangan untuk mengantisipasi penumpukan pendaftaran pengajuan bakal calon legislatif Pemilu 2024 dari partai politik pada Minggu (14/5).

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani di Gunungkidul, Jumat, memprediksi partai politik akan mengajukan bakal calon legislatif Pemilu 2024 dari partai politik pada Minggu (14/5) atau hari terakhir pendaftaran.

"Nanti akan kami tambah tim hingga ruangan untuk mempercepat prosesnya," kata Ahmadi Ruslan Hani.

Ia mengatakan hingga hari ini baru ada tiga parpol peserta pemilu yang sudah resmi mengajukan. Sementara yang belum masih ada 15 parpol, di mana KPU Gunungkidul  menunggu surat pemberitahuan.

Partai politik yang sudah melakukan pengajuan adalah PKS, PDIP, dan NasDem. PKS datang pada Rabu (10/5), sedangkan PDIP dan NasDem pada Kamis (11/5).

"Hari ini jadwalnya akan ada PAN dan Partai Ummat," katanya.

Ahmadi Ruslan Hani mengatakan di hari terakhir nanti proses pengajuan dibuka hingga menjelang tengah malam. Sedangkan sampai Sabtu (13/5), layanan dibuka hingga pukul 16.00 WIB.

"Kami tetap melayani konsultasi pendaftaran bakal calon anggota legislatif DPRD Gunungkidul," katanya.

Sementara itu, anggota KPU Gunungkidul Supami mengatakan pihaknya terus berkomunikasi dengan parpol terkait pengajuan bacaleg. Kedatangan parpol, jadwalnya bergantung dari pemberitahuan tim parpol.

"Biasanya parpol menginformasikan dulu ke kami terkait kapan bisa datang untuk pengajuan. Kami berharap parpol tidak mendaftarkan caleg pada 14 Mei secara bersamaan," katanya.