Pemda DIY menyerahkan bantuan 33 traktor ke kelompok tani di Gunungkidul

id Gunungkidul ,Bantuan traktor

Pemda DIY menyerahkan bantuan 33 traktor ke kelompok tani di Gunungkidul

Traktor roda dua untuk petani di Kabupaten Gunungkidul. ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul, DIY (ANTARA) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menyerahkan bantuan 33 unit traktor roda dua kepada kelompok tani di Kabupaten Gunungkidul dalam rangka mendukung ketahanan pangan.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Sugeng Purwanto di Gunungkidul, DIY, Jumat, mengatakan total bantuan alat dan mesin pertanian dari DPKP DIY berupa traktor 75 unit, yang 33 unit di antaranya untuk Gunungkidul.

"Bantuan alat mesin pertanian (alsintan) ini berasal dari APBD Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY dengan total mencapai Rp709,5 juta untuk 33 unit traktor," katanya.

Ia berharap melalui bantuan alsintan ini, pertanian di Gunungkidul semakin maju. Selain itu, produksi sektor pertanian di Gunungkidul semakin meningkat.

"Ke depan, bantuan akan terus berjalan untuk kelompok-kelompok tani lainnya yang belum mendapatkan," katanya.

Selain itu, ia berharap bantuan traktor ini dapat dimanfaatkan bukan hanya oleh ketua kelompok tani, namun juga dapat dimanfaatkan oleh semua anggota kelompok tani.
 
"Kelompok tani agar dapat merawat bantuan traktor roda dua yang diberikan," katanya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY.

"Dengan diterimanya bantuan ini, harapannya dapat meningkatkan produktivitas," katanya.

Pertanian yang menjadi sektor utama di Kabupaten Gunungkidul tentunya sangat berpengaruh dalam peningkatan kesejahteraan warga.

"Dengan bantuan alsintan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja serta modernisasi para petani yang ada di Gunungkidul," katanya.