Musik miliki kekuatan satukan bangsa

id Festival Kebangsaan, Hakitnas, UNS, Once Mekel

Musik miliki kekuatan satukan bangsa

Once Mekel (kanan) memberikan penjelasan pada Dialog Kebangsaan dengan tema Musik Dalam Gerakan Kebangsaan di Kampus UNS Surakarta, Minggu (21/5/2023). ANTARA/HO-Humas UNS

Solo (ANTARA) -
Penyanyi sekaligus salah satu pengurus DPP Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Once Mekel menyatakan musik mempunyai kekuatan untuk menyatukan bangsa.
 
"Musik bisa diandalkan untuk kebudayaan, termasuk nasionalisme Indonesia. Dulu musik berperan dalam membangkitkan nasionalisme kita," katanya pada acara Festival Kebangsaan dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Minggu.
 
Ia mengatakan musik merupakan seni yang paling dekat dengan manusia serta selalu memiliki kekuatan untuk menyatukan lintas generasi.
 
"Saya punya teori sendiri, DNA musik paling berpengaruh pada usia 17, paling tidak 20 tahun. Kesukaan kita pada musik di usia tersebut sangat menentukan selera kita selanjutnya," katanya.
 
Selain itu, menurut dia, musik memiliki kekuatan luar biasa untuk terus memberikan semangat. Oleh karena itu, ia berharap musik bisa bergerak ke depan untuk mempersatukan bangsa ini.
 
Pada kesempatan yang sama, Rektor UNS Jamal Wiwoho mengapresiasi kegiatan festival tersebut. Bahkan, ia berharap kegiatan tersebut tidak hanya terselenggara di kampus UNS tetapi juga kampus perguruan tinggi lain.
 
 
 
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Penyanyi Once: Musik punya kekuatan menyatukan bangsa