Dispar matangkan rencana revitalisasi "Sleman Creative Park"

id Dinas Pariwisata Sleman ,Sleman Creative Space ,Sleman Creative Park ,Ekonomi Kreatif Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Dispar matangkan rencana revitalisasi "Sleman Creative Park"

Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menggelar fokus grup discussion (FGD) Laporan Akhir Masterplan Sleman Creative Park di Sleman Creative Space Condongcatur, Depok, Sleman, Rabu (24/5/2023). ANTARA/HO-Dinas Pariwisata Sleman

Sleman (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus mematangkan konsep revitalisasi "Sleman Creative Space" yang saat ini ada di Taman Kuliner Condongcatur menjadi "Sleman Creative Park".

"Pemkab Sleman telah mencanangkan Oktober sebagai Bulan Kreatif Kabupaten Sleman, sehingga perlu upaya dan langkah konkrit untuk mendukung kebijakan tersebut, termasuk revitalisasi Sleman Creative Space menjadi Sleman Creative Park," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Rabu.

Menurut dia, dengan revitalisasi tersebut diharapkan mampu mendongkrak dan menggerakkan subsektor ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman yang lebih luas.

"Tiga subsektor ekonomi kreatif unggulan di Kabupaten Sleman yaitu film, animasi, dan video, sektor kerajinan bambu, dan seni pertunjukan harus dipertahankan dan terus dikembangkan sebagai generator untuk mengungkit subsektor ekonomi kreatif yang lainnya," katanya.

Ia mengatakan, dengan cara demikian maka diharapkan akan lebih banyak subsektor ekonomi kreatif yang dapat berkembang secara signifikan.

"Upaya revitalisasi Sleman Creative Space menjadi Sleman Creative Park yang memiliki cakupan lebih luas dan kompleks merupakan komitmen Pemkab Sleman dalam upaya mengembangkan dan menggerakkan ekonomi kreatif agar memberikan kemanfaatan yang maksimal.

"Tidak hanya bagi para pelaku ekonomi kreatif tetapi juga bagi warga masyarakat sekitarnya serta pemangku kepentingan terkait," katanya.

Ishadi mengatakan, kolaborasi dan sinergi antarperangkat daerah di Pemkab Sleman juga perlu dilakukan sebagai komitmen bersama dalam membangun dan mengaktivasi ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman secara optimal.

Dalam upaya mendukung pengembangan ekonomi kreatif ini, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menggelar focus group discussion (FGD) Laporan Akhir Masterplan Sleman Creative Park di Sleman Creative Space Condongcatur Depok Sleman.

Forum diskusi tersebut dihadiri 30 peserta yang berasal dari perwakilan perangkat daerah terkait di lingkungan pemerintah Kabupaten Sleman, Komite Ekonomi Kratif Kabupaten Sleman, Pemerintah Kapanewon Depok, Pemerintah Kelurahan Condongcatur dan para pelaku ekonomi kreatif.

Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut David Hendri dari PT Citra Gama Sakti yang memaparkan Hasil Kajian Sleman Creative Park, Ketua Dekranasda Kabupaten Sleman Sri Purnomo dengan materi "Keberlangsungan Komunikasi Lintas Sektoral untuk Mengampu Ruang Kreatif".

Hadir juga sebagai narasumber Lurah Condongcatur Reno Candra Sangaji dengan materi "Peran Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Ruang Ekonomi Kreatif" Dengan moderator Dr Ir Gregorius Sri Wuryanto ST, M.Arch.

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024