UNY wisuda 1.021 lulusan

id uny

UNY wisuda 1.021 lulusan

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Sumaryanto mewisuda seorang lulusan (ANTARA/HO-Humas UNY)

Yogyakarta (ANTARA) - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mewisuda sebanyak 1.021 lulusan program Diploma Tiga (D3), Diploma Empat (D4), Strata Satu (S1), Strata Dua (S2), dan Strata Tiga (S3) di GOR UNY, Yogyakarta, Sabtu.

Sebanyak 1.021 lulusan yang diwisuda pada periode Mei itu terdiri atas 2 lulusan program D3, 23 lulusan D4, 776 lulusan S1, 189 lulusan S2, dan 31 lulusan S3. Dari 1.021 orang yang diwisuda, 9 orang di antaranya meraih predikat Summa Cum Laude dan 492 orang meraih Cum Laude.

Rektor UNY Prof Sumaryanto mengatakan bagi lulusan UNY yang dipersiapkan untuk menjadi calon guru diharapkan telah memiliki empat kompetensi yang diamanatkan dalam Undang-Undang Guru dan Dosen, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial.

"Secara kualifikasi akademik, anda telah memenuhi persyaratan untuk menjadi guru/tenaga kependidikan yang ditambah dengan empat kompetensi tersebut anda akan menjadi guru/tenaga kependidikan profesional," katanya.

Oleh karena itu, Program Profesi Guru (PPG) yang UNY selenggarakan baik pra maupun dalam jabatan akan memberikan penambahan kompetensi-kompetensi sehingga wisudawan berhak mendapatkan sertifikat pendidik. Selain itu, wisudawan juga dapat meningkatkan kualifikasi akademik dengan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Sedangkan bagi para wisudawan dari program studi non-kependidikan diharapkan sudah memiliki kemampuan adaptif dan fleksibilitas di dunia kerja. Pekerja yang mempunyai kemampuan adaptif dan fleksibel cenderung akan mempunyai tingkat well being yang lebih baik.

Ia mengatakan, sebagai lulusan di era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat ini, para wisudawan juga wajib memiliki kemampuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang menjadi ciri dunia kerja di era digital.

Selain itu, wisudawan juga dapat memperkuat diri dengan memiliki kompetensi lain di luar kompetensi utama yang merupakan kemampuan tambahan terkait potensi yang dimiliki.

Menurut dia, untuk lebih unggul, kreatif, inovatif, dan adaptif serta berdaya saing, kepemilikan keterampilan Abad 21 yang meliputi Communication, Collaboration, Creativity, Critical Thinking akan sangat membantu wisudawan untuk berkembang di masyarakat.

"Berbagai kemampuan itu menjadikan wisudawan lebih kuat dan maju dalam berbagai hal sehingga mampu untuk berkompetisi dalam persaingan global yang semakin kompetitif saat ini," kata Sumaryanto.