Industri ekraf dunia berkolaborasi, ini ajakan Wamenkraf

id ekonomi kreatif, angela tanoesoedibjo,wamenparekraf,kemenparekraf,korea selatan,ekraf indonesia

Industri ekraf dunia berkolaborasi, ini ajakan Wamenkraf

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo. ANTARA/HO-Kemenparekraf

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Republik Indonesia Angela Tanoesoedibjo mengajak pelaku industri yang hadir dalam The 4th World Cultural Industry Forum (WCIF), di Daegu, Korea Selatan berkolaborasi memperkuat ekosistem ekraf secara global.

“Jadi saya berharap melalui forum hari ini kita dapat terus berkolaborasi dan memperkuat ekosistem ekonomi kreatif yang saling menguntungkan dan masa depan yang lebih baik untuk kemakmuran dan perdamaian global,” kata Wamenparekraf RI dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Angela menjelaskan, sektor ekonomi kreatif Indonesia terdiri dari 17 subsektor, yakni pengembang permainan, arsitektur, desain interior, musik, seni rupa, desain produk, fesyen, kuliner, film animasi dan video, fotografi, desain komunikasi visual, televisi dan radio, kriya, periklanan, seni pertunjukan, penerbitan, dan aplikasi.

Industri ini, ujar dia, turut memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama saat pandemi COVID-19.

“Industri ini juga telah menunjukkan ketahanan selama pandemi, tercatat adanya pertumbuhan karena konsumsi media yang meningkat selama pembatasan sosial. Tahun lalu ekonomi kreatif di Indonesia menyumbang 6,53 persen dari PDB, dengan nilai selanjutnya lebih dari 27 miliar dolar AS dan telah menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 24 juta orang,” kata Wamenparekraf.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Angela ajak pelaku industri ekraf dunia kolaborasi dengan Indonesia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024