Koki Qatar: Makanan Batak saya promosikan di Qatar

id koki qatar ,qatar-indonesia culinary journey ,qatar-indonesia 2023 year of culture ,kuliner batak,masakan batak

Koki Qatar: Makanan Batak saya promosikan di Qatar

Koki asal Qatar Abdullah Al Ibrahim (kedua dari kanan), didampingi koki dari Indonesia Muhammad Arsyan Dwianto (kanan), Koordinator Program untuk Iftar dan Culinary Journey Qatar-Indonesia dan salah satu pendiri Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI) Santhi Serad (kiri) menyaksikan penjelasan mengenai bumbu masakan Batak dari pemerhati kuliner Batak Toga Nainggolan di Medan, Senin (26/6/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Medan (ANTARA) - Koki asal Qatar Hassan Abdullah Al Ibrahim mengaku sangat terkesan dengan makanan khas Batak dan akan mengenalkan masakan tersebut di negaranya begitu kembali dari Indonesia.

"Saya akan mencoba untuk membuatnya begitu sampai di rumah. Saya sudah membeli beberapa bumbu dan rempah dari sini untuk dibawa ke Qatar," ujar Hassan kepada ANTARA di Medan, Senin.

Menurut juru masak yang dikenal dengan julukan "The Captain Chef" itu, dia jatuh cinta dengan sajian khas Batak karena rasanya yang lezat.

Di Medan, tepatnya di rumah keluarga Nainggolan, Senin (26/6), Hassan menyantap beberapa jenis makanan khas Batak seperti arsik ikan mas, na niura ikan mas, gulai ayam dan susu kerbau (dali ni horbo).

Acara itu menjadi bagian dari perjalanan kuliner Qatar-Indonesia 2023 Year of Culture di Medan.

Juru masak yang juga berprofesi sebagai pilot itu pun menghabiskan semua makanan yang terhidang di piringnya.

Akan tetapi, Hassan menegaskan bahwa bukan hanya rasa yang membuat dia takjub, tetapi juga cerita di balik masakan Batak serta bagaimana dirinya dijamu oleh keluarga Batak di Medan.

Pemerhati kuliner Batak Toga Nainggolan menyambut baik keinginan Hassan untuk mengolah masakan Batak di Qatar.

Dia menegaskan, dirinya dan keluarga siap memberikan bantuan andai Hassan membutuhkan resep atau asistensi saat memasak.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024