UGM sabet "double winners" pada Shell Eco-marathon 2023 di Mandalika

id Shell Eco-marathon,Semar UGM,sirkuit mandalika

UGM sabet "double winners" pada Shell Eco-marathon 2023 di Mandalika

Tim Semar Proto UGM ketika merayakan kemenangan kategori Prototype Battery Electric di Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023, Minggu (9/7/2023). (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)

Lombok, NTB (ANTARA) - Universitas Gadjah Mada (UGM) menyabet double winners pada ajang kompetisi hemat energi Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 4-9 Juli.

Double winners yang didapat UGM adalah kategori Prototype Battery Electric yang disabet oleh Semar Proto dengan 779,6 km/kWh dan pada kategori Urban Concept Hydrogen Fuel Cell yang diperoleh Semar Urban dengan 276,4 km per meter kubik.Kedua tim Semar juga berhasil membuat rekor tersendiri dimana untuk Semar Proto, mereka berhasil mengungguli capaian mereka pada kategori yang sama tahun lalu yang hanya 586,9 km per meter kubik, sedangkan untuk Semar Urban, mereka menjadi tim indonesia pertama yang juara pada kategori Urban Concept bahan bakar hidrogren.

"Kita berhasil mengalahkan rekor kita yang kemarin. Sebelumnya catatan terbaik kita di 587 km/kWh. Sekarang jadi hampir 780 km/kWh," kata Research developer tim Semar Proto Adam Yudhistira, Minggu (9/7).

“Syukur juga kita bisa dapat dua podium tahun ini,” kata manajer Semar Proto Eblin Alle Azarya.

Capaian perguruan tinggi di Yogyakarta itu meneruskan prestasi salah satu tim Tanah Air, Universitas Indonesia yang pada tahun lalu juga menyabet dua gelar yaitu Prototype Internal Combustion Engine (Nakoela UI) dan Urban Concept Battery Electric (Arjuna UI).

Meraih juara pada Urban Concept Hydrogen Fuel Cell, Semar Urban UGM berhak mengikuti Regional Championship yang telah digelar Minggu (9/7) yang juga diikuti tiga tim terbaik dari tiga subkategori Urban Concept.

Regional Championship adalah tahapan untuk mencari empat tim teratas menuju SEM World Championship pada 10-12 Oktober di Bangalore, India.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: UGM raih double winners pada Shell Eco-marathon 2023 di Mandalika
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024