Ribuan warga antusias ikuti Kirab pusaka malam 1 Sura Mangkunegaran Solo

id Paundrakarna, malam 1 Sura, Mangkunegaran

Ribuan warga antusias ikuti Kirab pusaka malam 1 Sura Mangkunegaran Solo

GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara memimpin kirab pusaka malam 1 Sura di Pura Mangkunegaran Surakarta, Jateng, Selasa (18/7/2023) petang. FOTO ANTARA/Aris Wasita

Solo (ANTARA) -
Cucu Presiden RI pertama Ir Soekarno (Bung Karno) yang juga merupakan putra pertama KGPAA Mangkunegara IX GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara memimpin kirab pusaka malam 1 Sura di Pura Mangkunegaran Surakarta.
 
Berdasarkan pantauan di lokasi acara, Selasa petang, ANTARA melaporkan ribuan orang mengikuti kirab tersebut. Para peserta tampak khusyuk mengikuti kirab yang disebut dengan "laku bisu" itu.
 
Seperti namanya, selama mengikuti kirab para peserta dilarang untuk berbicara dan berinteraksi dengan siapapun. Selain itu, pada Sura tahun ini ada empat pusaka yang dikirabkan.
 
Selain diikuti oleh kerabat Pura Mangkunegaran, terlihat pula beberapa tokoh publik yang hadir, di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, anggota DPR RI Aria Bima, dan mantan Panglima TNI Jenderal (Pur) Gatot Nurmantyo.
 
Kirab berjalan selama setengah jam dengan menempuh rute gerbang utama Pura Mangkunegaran di Jalan Ronggowarsito, berbelok ke kanan ke Jalan Kartini, Jalan RM Said, Jalan Teuku Umar, dan kembali ke Pura Mangkunegaran.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Cucu Bung Karno pimpin kirab pusaka malam 1 Sura Mangkunegaran